IMPLEMENTASI BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS BUDAYA LOKAL SUMBAWA PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 PLAMPANG TAHUN 2022/2023

HEPY SELNITA HEPY, Suparman Suparman, Sabri Balafif

Abstract


Penulisan sejarah hanya menitik beratkan pada luasnya pengaruh yang diakibatkan oleh peristiwa atau sepak terjang seorang tokoh sejarah. Hal ini menimbulkan stereotif negatif terhadap sejarah lokal. Akibatnya, pelajaran sejarah hanya dianggap sebagai sejarah masa lalu yang tidak berkaitan dan berpengaruh bagi kehidupan dan masa depan peserta didik kelak. Sehingga pelajaran sejarah dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan tidak menarik untuk dibaca apalagi untuk dipelajari. Penggunaan bahan ajar sejarah yang berbasis budaya lokal dapat memberikan pengaruh terhadap minat siswa dalam belajar sejarah. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen yaitu Pre-Eksperimental Designs. Sumber data siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Plampang Tahun Ajaran 2022/2023 dengan Populasi yang berjumlah sebanyak 64 orang.

Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut Pengimplementasian bahan ajar sejarah berbasis budaya lokal sumbawa memperoleh respon atau tanggapan yang baik dari para siswa kelas X IPS SMAN 1 Plampang menunjukkan bahwa bahan ajar Sumbawa sangat baik yang ditunjukkan oleh rerata respon siswa untuk setiap indicator lebih besar dari 3,25.  Sedangkan Minat Belajar Sejarah dengan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Sumbawa di SMAN 1 Plampang dengan skor 3,5 sampai 3,6 atau terbilang sangat tinggi. Bahan ajar sejarah berbasis Budaya Lokal Sumbawa sangat penting untuk diimplementasikan dalam upaya untuk membangkitkan kesadaran para siswa terkait kekayaan intelektualitas kedaerahan khususnya para siswa SMAN 1 Plampang Saran penelitian, bahwa Peneliti dapat mengembangkan penelitian dengan memperhatikan faktor internal motivasi belajar dalam peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran sejarah. Institusi sekolah khususnya bagi guru pelajaran sejarah, bahan ajar berbasis Budaya Lokal Sumbawa dapat menjadi salah satu materi ajar pembelajaran alternative dalam mengoptimalkan proses pembelajaran sejarah di SMAN 1 Plampang.

Kata kunci: Bahan ajar sejarah dan Budaya lokal sumbawa English translation. 


Keywords


Bahan ajar sejarah dan Budaya lokal sumbawa English translation.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 HEPY SELNITA HEPY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.