PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 ALAS BARAT KABUPATEN SUMBAWA TAHUN AJARAN 2022/2023.

Liza Laras Ayuningtyas, Ahmad Yamin, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses   pembelajaran IPS antara lain adalah pembelajaran IPS belum menggunakan model pembelajaran Talking Stick, pembelajaran masih didominasi oleh pendidik, peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat atau bertanya bila ada materi yang belum dipahami, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS masih rendah.

Berdasarkan permasalahan di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023? Dan bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023? Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023 dan untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023.

Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment desain Two Group Pretest-Posttest. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 3 Alas Barat. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Stratified Cluster Random Sampling. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 40 peserta didik, dengan penjabaran 20 peserta didik kelas VII-2 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Talking Stick, sedangkan kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik kelas VII-1 tidak menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan tes yang kemudian data hasil tes dianalisis dengan uji-t, yang mana sebelumnya pada data tersebut dilakukan diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa   model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (pembelajaran Talking Stick) dengan peserta didik kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Pada kelas eksperimen (VII-2) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 48 dengan nilai rata-rata pretest = 36,25 dan nilai rata-rata postest = 84,25. Sedangkan pada kelas kontrol (VII-1) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 29 dengan nilai rata-rata pretest = 35,25 dan nilai rata-rata postest = 64,25. Artinya rata-rata  hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.


Keywords


Talking Stick, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Amir Hamzah. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). Malang : Literasi Nusantara.

Anas Sudjono. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Arif Widayanto. 2018. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Question Student Have Ditinjau Dari Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Aspek Kognitif dan Afektif Matematika Kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Karanganyar. Digilibuns.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aqib Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press.

Depdiknas. 2003. UU RI No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Doni Susanto. 2017. Eksperimentasi Think Talk Write (TTW) Dan Think Pair Share (TPS) Dengan Talking Stick Pada Materi Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswasmp Negeri Kelas VIII Se-Kabupaten Ngawi TahunAjaran 2016/2017. Digilibuns.

Etin Solihati dan Raharjo. 2008. Mengutip Hamid Hasan, Pendidikan Ilmu-Ilmu sosial Cooperatif Learning. Jakarta; Bumi Aksara.

Fathul Hidayati. 2016. Keefektifan Metode Reciprocal Learning Dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau Dari Minat Membaca Karya Sastrasiswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Yogyakarta. Digilibuns.

Fathul Huda, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018.

Gulo, w. (2000). Buku Metodologi Penelitian.pdf.

Hardika T.W., 2019. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Matematika.

Ida Ayu Kade Eva T. W., 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD.

Iwan, S. dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Miftahul Huda. 2016. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Morris, W. (Ed.). (1973) The American Heritage dictionary of the english language. Boston: Houghton Mifflin.

Musaadatul Fitria, 2019. Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Kampuan Hands-On Siswa pada Materi Bangun Ruang di MI Islamiyah Dinoyo Terdepan Lamongan.

Musti’ah, 2016. Meningkatkan Aktivitas Belajar PAI pada Materi Akhlak melalui Model Pembelajaran Talking Stick.

Nana Sudjana. 1989. Cara Belajar Peserta Didik Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Bumi Algesindo.

Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya.

Nasroni, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara.

Ni Made Ayu Julia Martha, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flip Chart Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Kelompok B3 Paud Kusuma 2 Denpasar.

P.M. Nilayanti, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rohmatus Syafi’ah, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Bendorejo Trenggalek.

Rostina, Sundayana. 2015. Statistik Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mepengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sri, N. dkk. 2007. Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa. Jogjakarta: Penerbit Andi.

Sriwulan. 2015. Pengaruh Metode Student Team Achievement Division dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Magetan. Digilibuns.

Sudjana, N. dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv Alfabet.

Sugiyono, 2019. (n.d.). Prof_dr_sugiyono_metode_penelitian_kuantitatif.pdf.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suriani Siregar, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra.

Thobroni, M. dan Mustofa, A. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : AR-Ruzz Media.

Universitas Jember. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember: Badan Penerbit Universitas Jember.

Universitas Teknologi Sumbawa. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir.pdf.

Zainal Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung : Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Liza Laras Ayuningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.