Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Teknik Objek Langsung Melalui Pendekatan Konstektual Komponen Pemodelan Pada Siswa SMP Dwijendra Mataram

Suherni Suherni, Arif Rahman

Abstract


Penelitian ini mengkaji dua masalah, yakni bagaimana (1) Peningkatan  keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas SMP Dwijendra Mataram setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung melalui pendekatan kontekstual komponen pemodelan dan ; (2) Perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung melalui pendekatan kontekstual komponen pemodelan. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung dengan target pada siklus I dan siklus II adalah 80,00. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung. Teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi (foto) kepada siswa SMP Dwijendra Mataram Teknik analisis data kualitatif meggunakan deskripsi kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menulis paragraf deskripsi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 21,6 %. Pada prasiklus nilai rata-rata kelas mencapai 67,5. Pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 7 poin atau 10,4 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I sebesar 7,6 poin atau 10,2 % dengan nilai rata-rata 82,1. Untuk peningkatan pada prasiklus ke siklus II adalah 14,6 poin atau 21,6 %. Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada tiap siklus diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif. Hal tersebut terlihat pada keaktifan siswa dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta siswa merasa senang dan tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung pada siswa kelas SMP Dwijendra Mataram mengalami peningkatan.

Keywords


Keterampilan Menulis, Paragraf Deskripsi, Teknik Objek langsung, Pendekatan Kontekstual komponen

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Ridwan Sakura,dkk.. 2006. Menulis 1. Jakarta: Karunika.

Anis. 2005. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Teknik Menulis Terbimbing pada Siswa Kelas IIB SLTP Negeri 3 Kradenan. Grobogan.

Dick, S.C, Kooij, J.G. 1994. Ilmu Bahasa Umum. Jakarta : RUL

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Pendidikan

Lanjutan Pertama. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta : Depdiknas.

Enre, Fachruddin Ambo. 1988. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Esti.2004. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Elemen Bertanya Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IIE SMP Negeri 1 Garung.

Hartono, Bambang. 2002. Analisis Kurikulum Evaluasi Keterampilan Membaca dan Menulis. Semarang: Lembaga Penelitian Unnes.

Hartono, Bambang. 2002. Analisis Kurikulum Evaluasi Keterampilan Membaca

dan Menulis. Semarang: Lembaga Penelitian Unnes.

Hartono, Bambang. 2002. Analisis Kurikulum Evaluasi Keterampilan Membaca dan Menulis. Semarang: Lembaga Penelitian Unnes.

Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contexstual

Teaching and Learning / CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang .

Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contexstual Teaching and Learning / CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang

Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contexstual

Teaching and Learning / CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suherni Suherni, Arif Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.