Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka

Hana Triana, Prima Gusti Yanti, Dina Hervita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk desain modul ajar dengan pendekatan interdisipliner agar dapat diterapkan dalam pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar kelas bawah. Penelitian ini dikembangkan agar guru mampu mengimplementasikan pendekatan interdispliner dalam kemampuan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terintegrasi dengan IPAS (IPA dan IPS) dengan mengaitkan wacana teks kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan subjek penelitian yaitu pendidik dan peserta didik SD kelas 1. Pengumpulan data dilakukan dengan model 4D (define, design, develop, disseminate) yaitu pendefinisian dengan mengetahui permasalahn modul ajar yang kurang relevan dan bermakna serta bacaan yang kurang kontekstual. Perancangan desain pembelajaran pada modul ajar sesuai dengan Capaian/Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan wacana yang terdapat di mata pelajaran IPAS yang disesuaikan dengan komponen pada modul ajar. Hasil metode penelitian ini dilakukan dengan metode deskriftif quantitative (interview) dengan feedback terhadap guru menunjukan pemahaman dalam mengembangkan modul ajar berbasis interdisipliner pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPAS di kurikulum merdeka dan meingkatkan pemahaman membaca bagi siswa.

Keywords


Modul ajar Interdisipliner Bahasa Indonesia IPAS Membaca

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Y. T. (2018). Ilmu Multidisiplin dan Interdisipliner, Jawaban dari Kompleksitas Problem Global.

Badań Standar Kurikulum dań Asesmen, Dini, U., Dasar, P., Menengah, D., Standar, B., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, D., & Teknologi, D. (n.d.). Pembelajaran dan Asesmen.

Kemdikbudristek. (2021). Kurikulum Merdeka.

Kemdikbudristek. (2023, January). Struktur Kurikulum Merdeka dalam Setiap Fase Platform Merdeka Mengajar.

Kemdikbudristek, S. 033 C. P. (2022). 033_H_KR_2022-Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran. Kemdikbudristek.

Khoirurrijal, F. S. A. D. M. S. G. A. M. T. A. F. H. S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/27441/1663216595046_Pengembangan%20Kurikulum%20Merdeka%20WM.pdf?sequence=1

Standar, badań kubikulum, dań asesmen pendidikan K. (n.d.). CP Bahasa Indonesia.

Standar, B., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, D., & Teknologi, D. (2022a). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A.

Standar, B., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, D., & Teknologi, D. (2022b). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP ) / Trianto: Vols. xvii, 376 (Ed. 1. Cet. 3.). Jakarta Kencana.

Washington. (n.d.). Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hana Triana, Prima Gusti Yanti, Dina Hervita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.