Pelaksanaan pendidikan karakater pada Mata Pelajaran PPKn di SD melalui model pembelajaran berbasis nilai

A. Mila Septian Haryati, Ibnu Khaldun Sudirman, Ady Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakater  pada Mata Pelajaran PPKn di SD melalui model pembelajaran berbasis nilai. Metode penelitian dalam penelitian ini yakni menggunakan metode penelitian  kepustakaan dengan langkah penelitian sebagai berikut : 1) Menyiapkan alat perlengkapan berupa  pulpen dan kertas catatan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pendidikan karakater  pada Mata Pelajaran PPKn di SD melalui model pembelajaran berbasis nilai  pada sumber pustaka yang digunakan. 2) Menyusun bibliografi kerja berkaitan dengan sumber utama dalam penelitian mengenai pelaksanaan pendidikan karakater  pada Mata Pelajaran PPKn di SD melalui model pembelajaran berbasis nilai. 3) Merencanakan dan mengatur  waktu  dalam menemukan bahan pustaka untuk dieksplorasi serta dideskripsikan dalam penelitian. 4) Membaca dan  membuat catatan penelitian dengan tujuan untuk menentukan bahan pustaka yang penting dan relevan dengan objek kajian yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan pendidikan karakater pada mata pelajaran PPKn, terdapat beberapa model pembelajaran berbasis nilai yang dapat digunakan oleh guru . Jenis model pembelajaran berbasis nilai tersebut terdiri dari: 1)  Model VCT (Value Clarivication Technique), 2) Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal, 3) Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar, 4) Model pembelajaran kooperatif tipe example nonexample, 4) Model Pembelajaran Contextual Teaching  and Learning.

Keywords


Model Pembelajaran berbasis nilai, Karakter

Full Text:

PDF

References


Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.

Ekayani, N. W., Antara, P. A., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Haryati, M. S. (2018). Menumbuhkan Nasionalisme pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Studi Kasus di MAN 2 Model Mataram) (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 198-203.

Apriyani, R., Gloriani, Y., & Khaerudin, I. R. (2022). Model Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal Pada Materi Cerita Rakyat. Jurnal Tuturan, 11(1), 36-45.

Adisusilo, S. 2014. Pembelajaran nilai karakter (Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif). PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Budiningsih, A. 2008. Pembelajaran Moral (Berpijak pada karakteristik siwa dan budayanya). PT Asdi Mahasatya: Jak

CNN Indonesia. 2023. Siswa SD di Banyuwangi Meninggal, Berapa Angka Bunuh Diri pada Anak Baca artikel CNN Indonesia "Siswa SD di Banyuwangi Meninggal, Berapa Angka Bunuh Diri pada Anak. /https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230303110056-255-920267/siswa-sd-di-banyuwangi-meninggal-berapa-angka-bunuh-diri-pada-anak. Di akses pada tanggal 30 Maret 2023

Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01), 36-39.

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi nilai dan moral dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter melalui pembelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169-5178.

Zed, M. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i2.5052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mila Septian Haryati, Ibnu Khaldun Sudirman, Ady Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.