Pengembangan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Respon dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Awindri Zulvah Ristiyah, Anggralita Sandra Dewi, M. Khusni Mubarok

Abstract


Dalam penelitian ini diperoleh permasalahan respon dan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Didapati kurangnya pemanfaatan media menjadikan siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran, yang dapat berakibat kurang maksimalnya hasil belajar yang diperoleh. Hasil belajar yang diperoleh siswa dapat maksimal apabila proses pembelajaran berjalan efektif. Respon yang diberikan oleh siswa juga baik, apabila siswa merasa lebih senang dan aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Scrapbook untuk meningkatkan respon dan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Hasil validasi kelayakan media termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai persentase 88,5%. Sedangkan hasil penilaian angket siswa yaitu 88,6 % dari 21 siswa memberi tanggapan sangat setuju, yang berarti respon siswa kelas III dalam kegiatan pembelajaan dengan menggunakan media Scrapbook adalah sangat positif. Pada uji validitas hasilnya menunjukkan bahwa angket respon siswa valid, sedangkan pada hasil uji reliabilitas dinyatakan reliabel karena memperoleh nilai 0,894. Peneliti menggunakan uji N-Gain untuk menghitung hasil perolehan pretest dan posttest, didapati nilai 0,89 yang berkategori tinggi dan dengan persentase 89% yang masuk dalam kategori efektif. Dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran Scrapbook mampu dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Muhammadiyah 3 Penatarsewu.  

Keywords


Scrapbook; Angket Respon; Hasil Belajar; Research and Development

Full Text:

PDF

References


Amir, Pepen. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Bimo Walgito. 2012. Pengantar Psikologo Umum: Yogyakarta: Andi

Dewi, A. L. S. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Video IPA Materi Bagian-bagian Utama Tubuh Hewan pada Siswa Kelas IIB SDN Tanah Kalikedinding II Surabaya. Jurnal Pengajaran di Sekolah Dasar 1(2)

Habibah I., E. Rahmawati, T. A. B. Susilo. Pengembangan Media Paralayang Mentari Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar 9(2)

Halisah N., A. Maksum, dan P. A. Wardhani. 2021. Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Muatan IPS SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 4(2)

Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Jakarta: Ghalia Indonesia

Mubarok M. K., F. Zahro, B. R. S. Wulan, dan E. W. Andjariani. Pengembangan Permainan Multiply Cards Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian Di Kelas V MI NU Tenggulunan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(1)

Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i2.5096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Awindri Zulvah Ristiyah, Anggralita Sandra Dewi, M. Khusni Mubarok

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.