MOTIVASI ORANG TUA TEHADAP KELANJUTAN PEDIDIKAN ANAK SAMPAI DI PERGURUAN TINGGI PADA MASYARAKAT DESA SAJANG KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Andi Mulyan

Abstract


Penelitian ini berangkat dari problematika tentang rendahanya tingkatan pendidikan pada masyarakat Desa Sajang Kec. Sembalun Kab. Lombok Timur.Hal ini membuat ketertarikan pada peneliti untuk mengkaji lebih dalam tentang motivasi orang tua terhadap kelajutan pendidikan anak ke jenjang tiggi, sehigga diangkat judul “Motivasi Orang Tua Terhadap Kelajutan Pendidikan Anak Sampai Di Perguruan Tinggi Pada Masyarakat Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur”. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa motivasi orang tua terhadap kelanjutan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi tergolng tinggi, hanya saja terkendala oleh kondisi ekonoi yang melemah sehigga rata-rata generasi muda yang ada di desa tersebut memiliki tingkatan pendidikan yang rendah, dan jarang yang mamu melanjutkan ke erguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan teori motivasi adalah suatu dorongan kepada seseorang yang terjadi secara inernal dan internal.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sementara jenis penilitian ini adalah penelitian dasar atau murni yang bertujuan untunk menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Untuk analis data digunakan metode deskriptif kualitatif.


Keywords


Motivasi Orang Tua, Kelanjutan Pedidikan Anak Sampai Di Perguruan Tinggi

References


Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, (Yogyakarta: Teras, 2009).

Firman Abdullah, tanggung jawab Orang Tua dalam pendidikan Anak, (Semarang: Pelita Ibu,1988)

Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar, “Metode Penelitian Sosial”( Jakarta: Bumi Aksara, 1996).

M. Idrus, Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta: UII Press, 2007)

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)

Siti Partini Sudirman, “Psikologi Pendidikan”, (Bandung: PT. Remaja Rasda Karya, 1990).

Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta 1995

Sudirman ,”Bimbingan orang tua dan anak , (yogyakarta: Percetakan Studing 1984. Sumadi suryabrata, “ beberapa prinsip psikologi pendidikan”, ( Yogyakarta :fakultas psikologi UGM).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v4i1.544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andi Mulyan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.