Efektivitas Penerapan Pelayanan Adminstrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Bunguran Timur

Agino Riko, Tjahjo Suprajogo, Made Yudhi

Abstract


Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan publik dan pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah Penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya, mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat. Pemerintah Natuna pun terus berproses meningkatkan pelaksanaan penerapan PATEN agar dapat terselenggara secara maksimal di seluruh kecamatan di Kabupaten Natuna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas penerapan PATEN di Kecamatan Bunguran Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diambil dari informan. Hasil studi menunjukkan bahwa efektivitas penerapan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna Ketersediaan sudah baik dilihat dari sumber daya, sarana dan prasarana, dan mekanisme proses yang sudah mendukung. Selain itu, pencapaian tujuan penerapan pelayanan PATEN ditemukan dapat memberikan waktu yang sesuai dengan kebutuhan permintaan masyarakat.


Keywords


effectiveness, public service, PATEN, Natuna Regency

Full Text:

PDF

References


Louise, D. (2019). Post-New Public Management (NPM) and the Reconfiguration of Health Services in England. 1–3. https://doi.org/10.4000/osb.1714

Lufunyo, H. (2018). Impact of public sector reforms on service delivery in Tanzania. Journal of Public Administration and Policy Research, 5(2), 26–49. https://doi.org/10.5897/jpapr12.014

Mahsun, M., Sulistyowati, F., & Heribertus, A. P. (2017). Akuntansi Sektor Publik (2nd ed.). BPFE.

Mardiasmo. (2015). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta:Andi.

Martani, H., & Lubis, H. (1987). Teori Organisasi. Jakarta : Pusat antar Univesitas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Umum Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)

UUD Negara Republik Indonesia 1945 Pasal 34 ayat (3)




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agino Riko, Tjahjo Suprajogo, Made Yudhi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.