Pengaruh Latihan Push Up Normal Dan Push Up Tangan Di Tinggikan Terhadap Keterampilan Passing Atas Dalam Permaianan Bolavoli Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 1 Makassar

Juhanis Juhanis, Muhammad Nur, M. Adam Mappaompo, Muh. Adnan Hudain, Abd Azis, Arga Arga

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh latihan push up normal terhadap keterampilan passing atas dalam permaianan bolavoli siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Makassar. (2) Untuk mengetahui pengaruh latihan push up tangan di tinggikan terhadap keterampilan passing bawah dalam permaianan bolavoli siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Makassar. (3) Untuk mengetahui perbedaan latihan push up normal dan push up tangan di tinggikan terhadap keterampilan passing atas dalam permaianan bolavoli siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Pengukuran keterampilan passing atas sebagai pres test atau tes awal kemudian membaerikan perlakukan berupa dua metode latihan, untuk kelompok eksperimen A diberikan latihan push up normal dan untuk kelompok eksperimen B diberikan latihan push up tangan di tinggikan dan pada akhirnya akan di tes akhir atau post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Makassar, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, Sehingga dari jumlah populasi 20 siswa dan sampel sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian ini (1) Ada pengaruh latihan push up normal terhadap keterampilan passing atas dalam permaianan bolavoli siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Makassar, yang terbukti dari nilai t hitung (11.181) > t table (2.262). (2) Ada pengaruh latihan push up tangan di tinggikan terhadap keterampilan passing atas dalam permaianan bolavoli siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Makassar, yang terbukti dari nilai t hitung (9,755) > t table (2.262). (3) Ada perbedaan latihan push up normal dan push up tangan di tinggikan terhadap keterampilan passing atas dalam permainan bolavoli siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Makassar, terbukti dari nilai t hitung (3.857) > t table (2.101).

Keywords


Bolavoli, Passing Atas, Metode Latihan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Barbara L. Viera dan Bonnie Jill Ferguson. (2004). Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi D.Y.N, E Ptatiwi, (2020) Pembelajaran Bolavoli. Palembang: Bening media Publishing.

Nuril Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta: Pustaka Umum. PP. PBVSI. (2004). Peraturan Permainan Bolavoli. Jakarta.

Rahyubi, Heri. (2012:1). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Referens.

Sumosardjuna Sadoso, 1994. Pengetahuan Praktis Kesehatan Dalam Olahraga.Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. (2015) .Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Soedarminto dan Soeparman. 1993. Materi Pokok Kinesiologi. Jakarta

Widiastuti, 2017. Test dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Juhanis Juhanis, Muhammad Nur, M. Adam Mappaompo, Muh. Adnan Hudain, Abd Azis, Arga Arga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.