Penggunaan Media Komunikasi Berbasis Internet dan Pemanfaatan Informasinya oleh Penyuluh Pertanian Lapangan di Kabupaten Lombok Barat

Muhammad Sardin Abdul Karim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Perilaku penggunaan internet oleh Penyuluh Pertanian Lapangan di Kabupaten Lombok Barat. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan informasinya oleh Penyuluh Pertanian Lapangan di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Pengamatan dan Wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskrptif kualitatf yaitu dengan cara cenderung menggunkan kata-kata untuk menjelaskan temuan-temuan atau data yang di dapatkan di Lapangan Penelttian. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Lapangan ditemukan Perilaku penggunaan internet oleh Penyuluh Pertanian Lapangan di Kabupaten Lombok Barat frekuensinya masih tergolong rendah yaitu sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari. Serta durasi menggunakan internetnya pun masih tergolong rendah yaitu sebanyak satu sampai dua jam dalam sehari. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Penyuluh Pertanian Lapangan sudah cukup memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan penyuluhan pertanian walaupun masih tergolong dalam kategori kadang-kadang. Hal tersebut dikarenakan sebagian penyuluh masih melakukan tugas-tugasnya dengan cara tatap muka langsung dengan petani.


Keywords


Penyuluh, Pertanian, Media, Komunikasi, Internet

Full Text:

PDF PDF

References


Amin M., Sugiyanto, Sukesi K, Ismadi. ApplicationofCyberExtension asCommunication Media toEmpowertheDry Land Farmerat Donggala District, Central Sulawesi. Journalof Basic andAppliedScientific Research.3(4), 2013:379-385.

Elian, N., dkk., “Penggunaan Internet dan Pemanfaatan Informasi Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian di Kabupaten Bogor Wilayah Barat”, Jurnal Komunikasi Pembangunan, Vol.12, No.2, Juli 2014, pp. 104-109

Mulyandari RSH. 2011. Cyber Extension Sebagai Media Komunikasi dalam Pemberdayaan Petani Sayuran. [disertasi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Rosady Ruslan, 2006. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo,

Suharsimi Arikunto, 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Sardin Abdul Karim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.