Effectiveness of a Critical Literacy Program Based on the PjBL Model to Improve Students' Critical Reading and Creative Writing and English Speaking Ability

Suharti Suharti, Faidin Faidin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi kritis siswa disebabkan oleh proses pembelajaran lebih kepada mentransfer ilmu pengetahuan bukan mengkonstruk kemampuan literasinya secara kritis, dan kreatif. Banyak teks yang dipilih dan diambil dari buku tes yang permasalahan budaya sangat berbeda dengan siswa. Tidak ada relevansi mengenai sejumlah permasalahan dan hubungan antara teks dan kehidupan nyata siswa. Guru cenderung meminta siswa membaca buku pada halaman tertentu kemudian guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk dijawab. Siswa kurang mampu menuliskan hasil bacaan secara kreatif, dan mengungkapkan kembali hasil bacaan dengan baik. Tujuan umum penelitian yakni untuk mengetahui efektivitas Program Literasi Kritis Berbasis Model PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis dan Menulis Kreatif serta Berbicara Siswa. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IX.1 dan IX.2 SMPN 1 Woha yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Bentuk penelitian yakni penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kritis, menulis kreatif, dan berbicara siswa di SMPN 1 Woha. Hal demikian dapat dilihat dari hasil analisis membaca kritis yang menunjukan bahwa t hitung lebih besar dari t table, maka Ha diterima yakni 0,061< 0,05. Kemampuan menulis kreatif, 0,009 <  0,05. Kemampuan berbicara 0, 049 <  0,05. Dengan demikian hipotesis yang sudah diajukan terbukti yakni penerapan model PjBL pada program literasi kritis dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis, menulis kreatif, dan berbicara siswa.


Keywords


Literasi Kritis; Model PjBL; Membaca Kritis; Menulis Kreatif; Berbicara

Full Text:

PDF

References


Ausubel, D.P. (1968). Educational Psychology: a Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Jumadi J, Faradina F, Luthfiyanti L. (2021). Penyuluhan Pembelajaran Literasi Kritis Bagi Guru SMPN di Kota Banjarmasin. J Hum Educ. (2):42–51.

Kriswantara G, Perdana I. (2021). Bahan Ajar Digital Membaca Teks Cerita Rakyat Kalimantan Tengah Bermuatan Pendidikan Karakter dan Literasi Kritis. Sawerigading. 27(2):191–204.

Ninawati M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas J Ilm Pendidik Dasar. IV: 68–78.

Puangpunsi, N. (2021). Learners’ perception towards project based learning in encouraging English skills performance and 21th century skills. THAITESOL JOURNAL. 34 (1).

Suharti., Faidin., Ibrahim., Fajrun. (2022). Upaya Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis Bahasa Inggris berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Muatan Lokal Menggunakan Model 4C. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 8 (4).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i4.5940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suharti Suharti, Faidin Faidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.