Augmented Reality Media Development Using Assemblr Studio Web in Class VIII Social Science Subjects at MTsN

Ahmad Syarif Irmy, Nofri Hendri, Septriyan Anugrah, Zuwirna Zuwirna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Augmented Reality (AR) menggunakan Assemblr Studio Web pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN). Penelitian ini menerapkan metode pengembangan media dengan tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Media AR dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi Assemblr Studio Web sebagai alat untuk menciptakan konten AR yang relevan dengan kurikulum IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media AR menggunakan Assemblr Studio Web dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPAS di MTsN. Siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam memahami konsep-konsep IPAS melalui penggunaan media AR yang interaktif. Selain itu, penelitian ini juga mendapatkan umpan balik positif dari guru dan siswa terkait efektivitas media AR dalam mendukung pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi. Diharapkan bahwa penggunaan media AR ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPAS serta memberikan alternatif pembelajaran yang lebih menarik dan efektif di MTsN.

Keywords


augmented reality, media pembelajaran, IPAS

Full Text:

PDF

References


Almardiyah. A. (2022). Pengembangan Augmented Reality Berbasis Assemblr Studio Web Untuk

Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di Madrasah Aliayah. Padang:

Universitas Negeri Padang.

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Fatawa Publishing.

Batubara, H. H. (2021). Media pembelajaran MI/SD. Graha Edu.

Gotama, J. D., Fernando, Y., & Pasha, D. (2021). Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat

Indonesia Berbasis Augmented Reality. Lampung: Jurnal Informatika dan Rekayasa

Perangkat Lunak (JATIKA)

Maydiantoro, Albet (2021) Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development).

FKIP Universitas Lampung.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Universitas

Negeri Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Saputra, I. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi

pelajaran perakitan komputer kelas X SMK jurusan TKJ. Doctoral dissertation, Fakultas

Ilmu Pendidika

Sugiarto, A. (2022). Augmented Reality Assemblr Edu. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, edisi

khusus, 1–1




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i4.6008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Syarif Irmy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.