Analysis of Students’ Activity Using the Demonstration Method in Reading and Writing Al-Qur'an Material in Class VIIat Mts Al-Munawwaroh Merauke

Abd. Rasyid M. Akib, Nasrullah Nasrullah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan dimana masih ada siswa yang kurang fokus ketika pembelajaran berlangsung, dan juga siswa disibukkan dengan aktivitasnya ketika guru menjelaskan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur'an kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke. 2) Mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran bagi siswa kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke. 3) Mendeskripsikan efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran untuk kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke. Penulis menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menyimpulkan: 1) Tidak semua kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke mampu membaca Al-Qur'an dengan lancar karena belum mencapai indikator standar. 2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an menggunakan metode demonstrasi yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup. 3) Efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an untuk kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke sudah efektif, siswa dapat mengamati secara langsung apa yang sedang diperagakan oleh guru dan juga dapat dilihat dari keaktifan siswa yang serius selama kegiatan berlangsung. belajar Al-Qur'an menggunakan metode demonstrasi.


Keywords


Kemampuan membaca Al-Qur'an, metode demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan, 2015. Departemen Agama Republik Indonesia, (Bandung: Diponegoro).

Arif dkk. 2019. “Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Peningkatan Pedagogik dan TeamWork”, (jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.7, No.2, Juli)

Aliwar. 2016. “Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran Dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA)”, Jurnal Al-Ta’dib.

Astuti, Rini. 2013. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior”, (Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7, Edisi 2, November )

Daradjat, Zakiah. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: PT. Bumi Aksara).

Darsono.2001. Belajar dan Pembelajaran, (IKIP Semarang Press Semarang).

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya, (Jakarta: Diknas).

Djamarah, Bahri Syaiful. Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta, Rineka Cipta).

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Belajar).

J. Moleong Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya).

Ma’mun, Muhammad Aman. 2018. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an”, Jurnal Pendidikan Islam,

Muhadir. 2021. “Analisis Keaktifan Belajar Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Min 19 Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).

Nasih Mujin Ahmad dan Kholidah Lilik Nur. 2009. Metode dan Tehnik Pembelajaran Agama Islam (Bandung:PT Refika Aditama).

Nata, Abuddin. 2010. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat Al-Tarbawiy) (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada).

Quthb, Sayyid. Fi Dzilal al-Qur‟an, Jilid. 6, (Beirut: Dar Asy-Syuruq, 1412 H).

Ramayulis. 2011. “ Metodologi Pengajaran Agama Islam”, (Jakarta: Kalam Mulia).

Sardiman.1988. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rajawali Press).

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Sinar Baru Algensindo).

Sumarji dan Rahmatullah. 2018. “Inovasi Pembelajaran al-Qur’an“, Jurnal Ta’limuna.

Syifa Tiara Naziah. 2019. Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa Covid-19 SD Negeri Padabeunghar” (Universitas Muhammadiyah Sukabumi).

Usman, Uzer Moh. 2007. Menjadi Guru Profesional.

(Bandung: Remaja Rosdakarya).

Wardoyo, Hadi Eko. 2016 .“Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Pada Siswa di SDN SebaniKecamatan Sumobito Kabupaten Jombang”, Sumbula.

Winda Erwin Pratiwi. 2013. Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Menggunakan Media Gambar di Sd N Banyuraden Gamping Tahun Ajaran 2012/2013.(Universitas Negeri Yogyakarta).

Wulandari, Retno. 2020 .“Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Majlis ta’lim Sabtu Pon Desa Gerdu Kabupaten Sragen”, (Skripsi, IAIN Surakarta)




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i4.6019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abd. Rasyid M. Akib, Nasrullah Nasrullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.