Project based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PGSD

Adzimatnur Muslihasari, Wuli Oktiningrum, Andi Wibowo, Dyah Ayu Pramoda Wardhani

Abstract


Kreativitas merupakan kemampuan mengimajinasikan, menafsirkan dan mengemukakan gagasan serta usaha yang memiliki daya cipta untuk kombinasi baru dari unsur sebelumnya yang sudah ada sehingga diperoleh peningkatan kualitas mahasiswa dalam pengembangan dirinya. Kreativitas penting dimiliki oleh mahasiswa PGSD sebagai calon pendidik untuk menghadapi era abad ke-21. Era abad ke-21 menuntut pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas untuk memfasilitasi peserta didik mengembangkan keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran harus dirancang dengan menarik dan inovatif. Tetapi, pada kenyataanya kemampuan kreatifitas mahasiswa masih rendah. Hal ini terjadi karena banyak factor. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dengan 7 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester gasal 2023/2024 dengan jumlah 60 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika terdapat perubahan yang signifikan terhadap kemampuan kreativitas mahasiswa dengan Project based Learning (PjBL). Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD pada indikator fluency, flexibility, elaboration, dan originality secara maksimal.


Keywords


PjBL, Berpikir Kreatif, Learning

Full Text:

PDF

References


Adnyawati, N. D. M. S. (2011). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Tentang Hidangan Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1), 52–59.

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

Dian, Sutikno, & Masturi. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa melalui Elektroskop Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 4, 19–24.

Hairunisa, Arif Rahman Hakim, & Nurjumiati. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 93–96. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.190

Hamsar, I. (2023). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jurnal MediaTIK, 6(1), 54. https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.46568

Hosnan, M. (2019). the Effect Analysis of Principal Leader Competency Study of Quality Educational Management Services Towards Quality …. International Journal of Economics, Commerce and …, VII(1), 387–418. https://eprints.untirta.ac.id/2905/%0Ahttps://eprints.untirta.ac.id/2905/1/internasional.pdf

Hotimah, H. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa PGSD dalam Mendesain Media Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 10(2), 168. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13979

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544

Muslihasari, A., & Oktiningrum, W. (2023). Debat Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Pgsd. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 33(1), 85. https://doi.org/10.24235/ath.v33i1.13598

Nainggolan, A. C. (2018). Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Di Fkip Unika Santo Thomas Su. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 6(2), 78–86.

Nurhalisa, S., Ma’rufi, M., & Baharuddin, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 192–202. https://pusdig.my.id/literasi/article/view/63

Oktiningrum, W. (2022). Student Readiness of PGSD UNIRA Malang Study Program in Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(1), 81–90. https://journal.yp3a.org/index.php/mudima/index

Prasetiyo, A. D., & Mubarokah, L. (2014). Berpikir Kreatif Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 9–18. http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/Berpikir-Kreatif-Siswa-Dalam-Penerapan-Model-Pembelajaran-Berdasar--Masalah-Matematika.pdf

Safriana. (2018). Penerapan Project Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Calon Guru. Serambi Akademica, VI(1), 8–14.

Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad 21 Berbasis Kompetensi 4C di Perguruan Tinggi. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.78-90

Wang, B. S., & Hsu, H. (2009). Wang and Hsu. Using the ADDIE Model. 53(6).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v10i1.6661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adzimatnur Muslihasari, WULI OKTININGRUM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.