PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PENDIDIK DAN PENGASUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NON FORMAL Se-KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Zulhakim Zulhakim

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional Pendidik dan Pengasuh Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Se-Kabupaten Lombok Tengah. Metode pengumpulan data adalah sampel survey dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pendidik dan Pengasuh Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Se-Kabupaten Lombok Tengah. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik probability random sampling dengan jumlahsampel seluruhnya adalah 101 orang. Alat analisis yang digunakan untuk mengolah data dan menguji hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Komitmen Organisasionalbegitu pula dengan  Kepuasan Kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Komitmen Organisasional. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja signifikan pada uji parsial maupun simultan. Motivasi Kerja merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya dibandingkan dengan Kepuasan Kerja.

Keywords


Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional

Full Text:

PDF

References


Aprianto, R., ( 2013 ), “ Pengaruh Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional pada Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Mataram, “Tesis, Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Mataram, Mataram.

Chandraningtyas,I., Musadieq,M., Utami, H.N., (2013). “ Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Komitmen Organisasional (Studi pada karyawan PT. Kususma Karya Persada yang Outsourcing di PT. Sasa Inti Probolinggo)”,Jurnal Profit,Volume 6, No. 2.

Eslami,J., Gharakhani,D., (2012), “Organization Commitment and Job Satisfaction“, ARPN Journal of Science and Technology, Volume. 2, No.2, March, 85-91.

Gibson, J.L., Ivancecich,J.M., dan Donnelly, J.H., (2008), Organisasi, Perilaku, Struktur, dan Proses, Jakarta:Binarupa Aksara Publisher.

Hasibuan, Malayu, S.P. (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kristin, S.S., Thoyib, A., dan Noermijati, (2012), “Pengaruh Person Organization Fit ( P-O Fit ), Motivasi kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Pegawai ( Pada Pegawai UB Hotel, Malang )”, Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 10 Nomor 2 Juni 2012.

Rizqiani, A., Syamsun, M., Dirdjosupato, S., (2014), “ Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Komitmen Kerja Guru ( Studi Kasus: SDIT Ummul Quro’ Kota Bogor) “, Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 12, No. 1.

Robbins, S.P., & Judge, T., (2011). Organizational behavior (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Somawijaya, ( 2013 ), “ Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Komiten Pegawai Rumah Sakit Jiwa Provinsi NTB “, Tesis, Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Mataram, Mataram.

Supriyanto,A.S., dan Machfudz, M., (2010), Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan I, Malang: UIN-Maliki Press

Tania,A.,Sutanto,E.M., (2013),”Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan PT. DAI Knife di Surabaya”, Agora,Vol.1,No.3.

Trisnaningsih, (2007), “Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Auditor,Motivasi Sebagai Variabel Intervening ( Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Timur )”, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.6, No.2, hal.199-216.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i2.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zulhakim Zulhakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.