Analysis of Opportunities and Challenges of Augmented Reality Media in Learning

Adilla Farihatusshalihah, Afiya Tri Rahmawati, Patra Aghtiar Rakhman

Abstract


Teknologi yang dikenal sebagai Augmented Reality (AR) memungkinkan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan inovatif dengan mengintegrasikan objek digital ke dalam dunia nyata secara real-time. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif AR digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan augmented reality (AR) meningkatkan partisipasi, dorongan, dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. AR memudahkan penyampaian konsep abstrak melalui visualisasi dunia nyata, meningkatkan hasil belajar hingga 20%, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk berkolaborasi dan berpikir kritis. Meskipun demikian, masalah seperti keterbatasan infrastruktur dan kesulitan mendapatkan akses ke teknologi terus menjadi kendala utama. Untuk pengembangan berikutnya, disarankan agar guru dilatih dalam penggunaan AR untuk meningkatkan efektivitas penerapannya. Secara keseluruhan, ada kemungkinan besar bahwa teknologi AR dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

 

 


Keywords


Augmented Reality (AR), Pembelajaran Interaktif, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Sari, M., & Permana, R. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Partisipasi Belajar dengan Augmented Reality. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 45-52.

Setiawan, H., & Anwar, S. (2023). Pengaruh Augmented Reality terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Interaktif, 12(2), 68-75.

Arifin, T. (2023). Efektivitas Augmented Reality dalam Memahami Konsep Abstrak. Jurnal Pendidikan Sains, 9(3), 78-85.

Rahma, D., & Purnama, A. (2022). Augmented Reality dan Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 32-40.

Kusuma, I. (2023). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Teknologi AR. Jurnal Pendidikan Kreatif, 6(4), 88-92.

Hidayat, F., & Sulis, B. (2023). Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Berbasis AR. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 7(2), 56-63.

Yusuf, A., & Dewi, L. (2022). Pembelajaran Kolaboratif dengan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 44-50.

Anwar, S. (2023). Keterbatasan Teknologi AR di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(3), 39-46.

Ahmad Ibrohim, S. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples. JUNI : Jurnal riset sosial humaniora dan ilmu pendidikan, 231-247.

Andani, B. E. (2024). Teknologi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Dudu Suhandi Saputra, Y. A. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Tasikmalaya: Perkumpulan rumah cemerlang Indonesia anggota IKAPI Jawa Barat.

Ismayani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nur Indah Larasati, N. W. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. FIBONACCI : Jurnal pendidikan matematika dan matematika, 45-50.

Nurliana Nasution, Y. D. (2022). Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Putu Wirayudi Aditama, C. P. (2023). Teknologi Augmented Reality (AR) pada Lontar Prasi Bali. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v11i1.7820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Adilla Farihatusshalihah, Afiya Tri Rahmawati, Patra Aghtiar Rakhman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Alamat: Jl. Lingkar Selatan, Perum Elit kota Mataram Asri Blok O. No. 35, Jempong Baru, Sekarbela, Kota Mataram NTB.