Peningkatan Keaktifan Dan Keterampilan Membaca Teks Piwulang Serat Wulangreh Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Banyudono

Sri Sugiarti

Abstract


Dalam proses pembelajaran, tentunya ada berbagai masalah yang harus diatasi, antara lain mengenai proses dan hasil pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan membaca teks piwulang Serat Wulangreh dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari sampai Juni 2019, mulai dari persiapan sampai penyusunan laporan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, pemberian tes, dan analisis dokumen. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis kritis dan deskriptif komparatif. Prosedur penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe think pair and share dalam setiap pertemuan. Sedangkan indikator capaian penelitian ini adalah apabila sudah mencapai target yang sudah ditetapkan, dan jumlah siklus ditentukan dari ketercapaian target. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa model kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan membaca teks piwulang Serat Wulangreh.

Keywords


Kooperatif, Think Pair And Share, Keaktifan, Keterampilan

Full Text:

PDF

References


Karawati, Euis, & Priansa, Donni Juni. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wardana, Ludi Wishnu, Edoh, & Gleydis Harwida. (2017). Implementation of Collaborative Learning Model Thinking Pair Share (TPS) and Arias to Improve Student Learning Result in Entrepreneurship Subjects. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences,7 (7), 435-444. Diperoleh pada 15 Maret 2019, dari http://hrmars.com/hrmars_papers/Implementation_Of_Collaborative_Learning_Model_Thinking_Pair_Share_(TPS)_And_Arias_To_Improve_Student_Learning_Results_In_Entrepreneurship_Subjects.pdf.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sri Sugiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.