Pengaruh Latihan Clapping Push Up Dan Decline Push Up Terhadap Power Otot Lengan Pada Atlet Tarung Derajat Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020

Elya Wibawa Syariofeddi, Dadang Warta Candra Wira Kusumah, Novijayanti Novijayanti

Abstract


Cabang olahraga Tarung Derajat Provinsi Nusa Tenggara Barat banyak memiliki bibit-bibit atlet unggul di setiap kabupaten. Salah satunya di kabupaten Lombok Tengah yang pada PON XIX 2016 di Jawa Barat, atletnya berhasil meraih medali emas, selain itu masih banyak bibit- bibit atlet yang berprestasi dari kabupaten Lombok Tengah ini. Dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap atlet Tarung Derajat Lombok Tengah (khususnya atlet putra) yang memiliki tingkat kurata 3-4 dan berusia 15-18 tahun. Dalam hal ini peneliti melihat adanya beberapa kekurangan terutama masalah fisik yang harus diperbaiki seperti power (daya ledak) otot lengan yang sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan kecepatan pukulan. Hal ini menimbulkan niat untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh latihan clappling push up dan decline push up terhadap power lengan pada atlet Tarung Derajat Lombok Tengah Tahun 2020”. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah atlet Tarung Derajat LombokTengah Tahun 2020 yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data untuk menguji Perbedaan penigkatan Pengaruh latihan clappling push up dan decline push up terhadap power lengan pada atlet Tarung Derajat Lombok Tengah Tahun 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus “t-test”. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, untuk kelompok latihan clappling push up diperoleh nilai t-hitung sebesar 11.65 dan untuk kelompok decline push up diperoleh nilai t-hitung sebesar 9.117, sedangkan nilai t-tabel db =N-1(10-1=9) yang diperboleh dari harga kritik untuk t dengan taraf signifikan 5% (0,05) adalah 1,812 hasil ini menunjukan bahwa nilai t hitung > t-tabel yang berarti nilai t-hitung yang di peroleh dalam penelitian ini adalah signifikan. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan: 1) “Ada pengaruh latihan clappling push up terhadap power lengan pada atlet Tarung Derajat Lombok Tengah Tahun 2020”; 2) “Ada pengaruh latihan decline push up  terhadap power lengan pada atlet Tarung Derajat Lombok Tengah Tahun 2020”.

Keywords


Clapping Push Up, Decline Push Up, Power Otot Lengan, Atlet Tarung Derajat

Full Text:

PDF

References


Chiu Geof. 2018. https://simplifaster.com /articles/ plyometric-push-ups-power development/

Derek H and Steve K. 2017. Plyometric Anatomy. United State: Human Kinetic

Harsono, (1988).Coaching dan aspek-aspek psikologis dalam coaching. Bandung : Tambak Kusuma CV.Suharno (1985)

https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/plyo-pushups

http://anthonyjyeung.https://www.medicalnewstoday.com 23 Januari (2018)

Ismayarti (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. Semarang : UNS Press.

Maksum, Ali. 2009. Metode penelitian dalam olahraga. Universitas Surabaya : Surabaya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i5.1146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Elya Wibawa Syariofeddi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.