Karakteristik Sifat Fisik Dan Organoleptik Sirup Asam (Tamarindus Indica Linn.) Pada Berbagai Konsentrasi Gula

Febrina Sulistiawati

Abstract


Pada penelitian ini dilakukan pengujian karakteristik sifat fisik berupa nilai pH dan viskositas serta sifat organoleptik berupa rasa dan warna pada sirup asam (Tamarindus indica Linn.) yang ditambahkan enam perlakuan konsentrasi gula. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi gula yang tepat dalam menghasilkan sirup asam dengan kualitas terbaik dan diharapkan dapat memperbanyak variasi produk olahan yang dihasilkan dari buah asam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor tunggal konsentrasi gula menggunakan enam perlakuan dengan tiga kali ulangan sehingga dihasilkan 18 unit percobaan. Hasil pengamatan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis keragaman (ANOVA) pada taraf nyata 5%, bila terdapat beda nyata maka diuji lanjut menggunakan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan berbagai konsentrasi gula memberikan pengaruh yang nyata terhadap nilai pH, viskositas, rasa dan warna. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penambahan konsentrasi gula maka semakin tinggi pula nilai pH dan viskositas. Dan berdasarkan hasil uji organoleptik, sirup asam yang lebih disukai oleh panelis adalah sirup dengan penambahan konsentrasi gula 160 dan 180% dengan warna coklat.


Keywords


sifat fisik, organoleptik, sirup asam

Full Text:

PDF

References


Buckle, K.A., R.A. Edward, G.H. Fleet dan M. Wootton. 2007. Ilmu Pangan. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Fitri, E., N. Harun, V.S. Johan. 2017. Konsentrasi Gula dan Sari Buah Terhadap Kualitas Sirup Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.). JOM Faperta UR Vol. 4(1) : 1-13.

Khalid N.M., R. Zakaria. 1985. New Products from Under Utilized Malaysian Fruits For The Local Food Industry. Proceedings of Workshop on Food Technology Research and Development. Bangkok.

Sukardjo. 1997. Kimia Fisika. Rineka Cipta. Jakarta.

Susantriana, B. 2000. Pengaruh Konsentrasi Gula Terhadap Beberapa Sifat Fisik dan Kimia Leather Buah Jambu Mete (Anacardium occidentale L.). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Mataram

Gianti I, H. Evanuarini. 2011. Pengaruh Penambahan Gula dan Lama Penyimpanan Terhadap Kualitas Fisik Susu Fermentasi. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak Vol. 6(1) : 28-33.

Octaviani L.F., A. Rahayuni. 2014. Pengaruh Berbagai Konsentrasi Gula Terhadap Aktivitas Antioksidan dan Tingkat Penerimaan Sari Buah Buni (Antidesma bunius). Journal of Nutrition College Vol. 3(4) : 958-965.

Putri, C.R.H. 2014. Potensi dan Pemanfaatan Tamarindus indica Dalam Berbagai Terapi. Jurnal Ilmiah Kedokteran Vol. 3(2) : 40-54.

Silfia, S. Agustini. 2014. Pengaruh Penambahan Gula Terhadap Kualitas Vinegar dari Air Kelapa. Jurnal Dinamika Penelitian Industri Vol. 25(2) : 117-124.

Winarno, F.G. 2002. Kimia Pangan dan Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.1255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Febrina Sulistiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.