EVALUASI PENERAPAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM UPAYA PEMBANGUNAN NILAI KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NAHDATUL WATHAN (NW) NO.4 PANCOR LOMBOK TIMUR TAHUN 2019/2020

m.rudi gunawan parozak, Fadma Rosita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan kegiatan keagamaan siswa MI NW No.4 Pancor dengan metode context, input, process, dan product (CIPP). Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam kegiatan keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) context menunjukan adanya landasan hukum, pengaruh lingkungan sekolah dan masyarakat, dan pentingnya pengenalan nilai keagamaan sehingga penerapan kegiatan keagamaan perlu dilaksanakan di sekolah MI NW No.4 Pancor. 2) input dari penerapan kegiatan keagamaan  adalah kurikulum, SDM, dana, sarpras, organisasi, dan administrasi. 3} process penerapan kegiatan keagamaan dalam KBM, penilaian, adanya kegiatan insidental dan kegiatan terstruktur. 4) product dari penerapan kegiatan keagamaan ini adalah hasil lulusan yang beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah. 5) faktor penghambat dari penerapan kegiatan keagamaan adalah kurangnya motivasi siswa, kurangnya buku penunjang, dan keterbatasan dana. 6) faktor pendukung dari segi internal dalam proses penerapan kegiatan keagamaan adalah, SDM yang berkompeten dalam melakukan pembimbingan dan melaksanakan kegiatan keagamaan, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan keagamaan. Faktor yang mendukung dari segi eksternal adalah keterlibatan stakeholder yang membantu proses penerapan kegiatan keagamaan.

Keywords


nilai keagamaan. evaluasi program, pendidikan keagamaan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S dan Jabar, C.S.A. 2008. Evalausi Program pendidikan pedoman teoretis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta : PT Bumi Akasara.

Arikunto, S dan Jabar, C.S.A. 2009. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto. 2012. Evaluasi pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hasan, H. 2009. Evaluasi kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. 2001. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v3i3.1329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 m.rudi gunawan parozak, Fadma Rosita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.