Meningkatkan Pemahaman Sifat Magnet Dan Kegunaannya Melalui Model Pembelajaran Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN I Mambalan Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020

Maria putu eka sukahati

Abstract


Model pembelajaran dan alat peraga adalah alat bantu pengajaran yang secara sengaja dan terencana disiapkan atau disediakan guru untuk mempresentasikan dan atau menjelaskan bahan pelajaran serta digunakan siswa untuk dapat terlibat langsung dengan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas, yang menggunakan pengembangan motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini berangkat dari masalah yang didapat di lapangan, kemudian dianalisis dan direfleksikan. Berdasarkan teori yang menunjang, kemudian dilaksanakan tindakan di lapangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus kegiatan yaitu siklus 1  dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu penyusunan rencana tindakan, melaksanakan tindakan, melaksanakan observasi, membuat analisis dilanjutkan dengan refleksi. Pada penelitian ini yang melaksanakan perbaikan pembelajaran adalah guru kelas V SD Negeri I MAMBALAN dibantu oleh teman sejawat yang bertugas mengamati dan mengumpulkan data selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Sedangkan sebagai subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri I MAMBALAN tahun pelajaran 2019 / 2020 yang jumlahnya 17 siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Demonstration dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam memahmi materi pelajaran IPA khususnya tentang magnet dankegunaannya. Sebagai bukti keberhasilan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan siswa berdasar hasil evaluasi dan pengamatan yang dilakukan setiap akhir siklus yaitu rata-rata nilai 60,20 sebelum tindakan menjadi 68,8 setelah tindakan siklus I,  80,15 setelah dilaksanakan tindakan siklus II.


Keywords


Magnet, Demonstrasi, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Dienje Bonnon Rumumpuk,1988.Media Instruksiona IPS,Jakarta,Depdikbud

Dimyati, Mujiono,1994. Belajar dan Pembelajaran,Jakarta,Depdikbud

Dimyati,2002.Psikologi Pendidikan,Jakarta,Rineka Cipta

Gagne Robert Bringgs j,1978.Principles of Instruksional, New Jersey, Dessign Holt Rinehart & Viston

Isnaini, LMY. 2012. Pembinaan Olahraga Dalam Pembentukan Karakter. Surabaya. 978 602 7508 75-0 12 (978 602 7508 75-0), 12 vol.

Isnaini, LMY., Hananingsih, W. 2018. Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Pada UKM Bola Basket di Universitas Nahdlatul Ulama NTB. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 2 (1).

Isnaini, LMY., Soegiyanto., Sugiharto., Sulaiaman. Effect of Hyperbaric Oxygen and Vital Capacity of Lungs on Maximum Aerobic Capacity and Anaerobic Capacity and Anaerobic Endurance to Basketball Players. International Journal of Pharmaceutical Research. Volume 11, issue 3, July-Sept, 2019

Muhibbin Syah,2004.Psikologi Pendidikan Dalam PendekatanBaru,Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Suryabrata,Sumadi,2003.Metodologi Penelitian,Jakarta,PT.Raja Graffindo Persada

Universitas Terbuka

Wardani, I.G.A.K, Kuswaya Wihardit, Noehi Nasution. (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, Siti Julaeha, Ngadi Marsinah. (2006) Pemantapan Kemampuan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta : Universitas Terbuka.

Zainul, Asnawi dan Mulayan, Agus . (2014). Tes dan Asesmen di SD. Jakarta :




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i5.1345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maria putu eka sukahati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.