PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOTEKNOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL

Siti Nurhidayati, Siti Nurhidayati

Abstract


Bioteknologi merupakan salah satu mata kuliah yang ditempuh pada semester VIII pada Program Study Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA IKIP Mataram. Bioteknologi merupakan penerapan dari beberapa ilmu dengan memanfaatkan mahluk hidup ataupun bagiannya untuk menghasilkan suatu produk yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia. Bahan ajar bioteknologi yang tersedia pada Program Study Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Mataram masih bersifat umum dan teoritis, sehingga mahasiswa hanya memahami secara teoritis tetapi kurang tanggap dan kritis dalam menanggapi berbagai potensi lokal yang ada di sekitarnya (kurang aplikatif). Selain itu belum tersedianya bahan ajar yang memanfaatkan berbagai potensi lokal, padahal lingkungan kita sangat beragam dan kaya akan berbagai potensi, dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada di lingkungan sekitar tentunya mahasiswa tidak hanya memahami bahan ajar secara teoritis tetapi juga lebih aplikatif dan peduli pada lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi lokal yang bisa dikembangkan menjadi bahan ajar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Target yang dicapai pada penelitian ini berupa artikel ilmiah BerISSN

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta.

Depdiknas. 2007. Permendiknas No 41 Tahun 2007, Standar Proses. Jakarta: Depatemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Faisal. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Struktur Hewan dengan Strategi PBL di Jurusan Biologi FMIPA UNM. Tesis. Malang: PPs. Universitas Negeri Malang.

Paizah. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Kimia SMK Kelas X Program Keahlian Teknik Mesin dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe GI. Tesis. Malang: PPs. Universitas Negeri Malang.

Hatimah, I.2006. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di PKBM. Mimbar Pendidikan No 1/XXVII.

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. 2012. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, (Online), Unnes Journal of Biology Education, 1 (1): 82-89.

Nurhidayati, S. dan Khaeruman 2016. Pengembangan bahan ajar berbasis STAD dipadu Inkuiri terbimbing pada materi homologi. Penelitian Internal. FPMIPA. IKIP Mataram.

Sarah dan Mariono. 2014. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal dalam Pembelajaran Fisika SMA dalam Meningkatkan Living Values Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiah Semarang. Vol 2 (1).

Sari, P. I., Rahayuningsih, M., & Edi, K. N. 2012. Pemanfaatan Kebun Sebagai Sumber Belajar dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), (Online), Unnes Journal of Biology Education, 1 (2): 1-6.

Sutarsih, B, Suhandoyo, dan Wibowo, Y. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Laporan Hasil Penelitian Unggulan Tahun Anggaran 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v2i2.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.