HUBUNGAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN PROSES PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ULAWENG KECAMATAN ULAWENG KABUPATEN BONE

Haeril Haeril

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan analisis transaksional dengan  proses pembelajaran dalam mata pelajaran ips ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ulaweng Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone serta gambaran hubungan analisis transaksional dengan proses pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dalam bentuk eksperimen yaitu penelitian  yang bersifat korelasional untuk mengetahui pengaruh anatara variabel X dan variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat Kuantitatif yaitu hasil penelitian diperoleh dalam bentuk angka. Hubungan  analisis  transaksional  adalah  merupakan  suatu  cara untuk menganalisis bagaimana hubungan  dengan analisis transaksional dalam proses pembelajaran. Adanya hubungan yang signifikan dimana r hitung lebih besar daripada r tabel product moment yaitu r hitung = 0,694 untuk r tabel 5 persen = 0,297 dan 1 persen = 0,384 dimana N = 44, maka Hipotesis alternatif (H1). Diterima

Full Text:

PDF

References


Amier Daien Indra Kusuma. 2001. Evaluasi Pendidikan. Lembaga Penerbitan IKIP Malang. Terbitan Ke-II.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Evaluasi Pendidikan. Jakarta.

__________, 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Buchari Alma, 2010. Untuk penelitian Statistik pendidikan,sosial, Ekonomi Komunikasi dan Bisnis, Matematika. Jakarta. Alfabeta. Bandung.

Campos L, Cormick P.M.Sc. 2002. Analisis Transaksional, Aturan Permainan bagi Komunikasi yang Baik Antar Pribadi. Yayasan Cipta Loka Caraka. Jakarta.

Depdikbud. 2002. Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V. Buku Metodologi Penelitian. Depdikbud. Jakarta.

Gazali M.A, R. Prof. 2003. Sekolah dan Masyarakat. Ganaco NV. Bandung.

Hadi, Sutrisno. 2003. Metode Research. Yogyakarta. Gajah Mada Unversity Press.

Iskandar Wiryokusumo M.Sc & J. Mandalika, ed., 2003. Kumpulan Pikiran-pikiran dalam Pendidikan. Surabaya.

Nurkancana, 2009. Analisis transaksional penerbit. Bulan Bintang. Jakarta.

Ngadiyono AY, Sartji Ganama, Sudira. 2001. Beberapa Catatan tentang Teori Relasi. Penataran Lokakarya Gelombang 2 dan 3. Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Departemen P dan K. Jakarta.

P.T.P.R. 2003. Pengetahuan Dasar Penelitian dan Statistik. Airlangga University Press. Jatim.

Sudjana. 2002. Statistika. Jilid II. Tarsito : Bandung.

Sutrisno Hadi. 2003. Statistik. Fakultas Psychology UGM. Yogyakarta.

Tim Bimbingan dan Penyuluhan.2000. Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan. Tim Penerbit IKIP Surabaya.

Tim Pembinaan dan Bahan-bahan Penataran Pegawai RI, Undang-Undang Dasar, Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Garis-Garis Besar Haluan Negara, Tim Pembinaan dan Bahan-bahan Penataran Pegawai RI. Jakarta.

UNA Kartawisastra H. 2003. Analisis Transaksional Penataran. Lokakarya Gelombang 2 dan 3. Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) Departemen P dan K. Jakarta.

UNA Kartawisastra H., Maman Acydiat, Soeranto M.B., 2003. Masalah Aktualisasi Diri. Penataran Lokakarya Gelombang 2 dan 3. Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) Departemen P dan K. Jakarta.

Woroharini, Ida Komang Adita. 2003. Keterampilan Berkomunikasi Antar Pribadi. Penataran Lokakarya Gelombang 2 dan 3 Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) Departemen P dan K. Jakarta.

Zakiyah Darodjat Dr., 2002. Ilmu Jiwa Agama. Penerbit Bulan Bintang : Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v6i1.2330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Haeril Haeril

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.