HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 8 BULUKUMBA

Sitti Asmah

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk : (i) Mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar biologi, (ii) Mengetahui hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar biologi, (iii) mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kesiapan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA sebanyak 140 siswa. Teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling dengan besaran sampel 100 siswa. Teknik Pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar biologi. Koefisien korelasi sebesar 0,586 dan nilai signifikan sebesar 0,339, (ii) Terdapat hubungan yng signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar biologi. Koefisien korelasi sebesar 0,463 dan nilai siginifikansi sebesar 0,215, dan (iii) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasa emosional dan kesiapan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi. Koefisien korelasi sebesar 0,641 dan nilai signifikansi sebesar 0,354.


Keywords


Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kesiapam Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Hamalik. Bumi Aksara

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Darso. 2011. Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan, (online), Vol. VII. No. 2 http://jurnal.upi.edu.htm

Goleman. Daniel. 2003. Emotional Intelegence, Mengapa EQ Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hamalik, Umar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Handayani, Sri dan Sapir. 2009. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar, Hasil Belajar dan Respon Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 2. No. 1. Hal 38-52. http://lib.unnes.ac.id/7739/1/10301.pdf

Rifai, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v6i1.2338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sitti Asmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.