Meningkatkan Hasil Belajar Tema Benda , Hewan dan Tanaman Disekitar Kita Materi Mengenal Bentuk Bangun Datar dengan Media Keping Geometri Pada Siswa Kelas I SDN Tempit Tahun Pelajaran 2019 /2020

Murniati Murniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada materi Mengenal bentukbangun datar pada siswa kelas I SDN Tempit. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa  kelas 1 SDN Tempit pada tema benda, hewan dan tumbuhan disekitarku dengan menggunakan media keping geometri pada  materi mengenal bentuk bangun datar pada siklus I, memperoleh nilai rata–rata sebesar 66  dengan  jumlah siswa yang tuntas  sebanyak 10 siswa dengan  persentase ketuntasan sebesar 67%  atau  sebanyak 5 siswa  belum tuntas dengan persentase sebesar 33%, sedangkan ketuntasan klasikal yang dipatok sebesar ≥80% ,juga belum tercapai dikarenakan  siswa   terlalu banyak main  main dan guru kurang kontrol di dalam kelas, sehingga tujuan belum bisa tercapai, dengan demikian maka  penelitian ini dilanjutkan kesiklus berikutnya. Jika melihat perbandingan kedua data tersebut maka dapat kita paparkan bahwa  nilai rata- rata  yang diperoleh pada siklus I sebesar 66 kemudian meningkat pada siklus II menjadi  nilai rata–rata diperoleh sebesar 86 terjadi peningkatan 20 poin, dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 10 siswa atau dengan persentase ketuntasan sebesar 67% , kemudian meningkat pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa  dengan persentase sebesar 93%, terjadi peningkatan sebesar 26 poin, begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan  ≥80% juga sudah terpenuhi, maka dengan demikian penelitian ini dihentikan sampai pada siklus II. Dengan demikian dapat ditarik  kesimpulan bahwa dengan menggunakan media keping geometri  dapat meningkatkan hasil belajar siswa  Tema  Benda, Hewan dan tanaman disekitar kita  materi mengenal bangun datar  pada  siswa kelas I SDN Tempit Kecamatan Pujut Tahun pelajaran  2019/2020.


Keywords


Hasil Belajar, Media Keping Geometri

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dwi Yulianti. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks.

Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2004. Educational Psychology Windows on Classrooms. New Jersey: Pearson education.

Einon, Dorothy. (2005). Permainan Cerdas untuk Anak. (Alih bahasa: Fita Fitria Agriningrum). Jakarta: Erlangga.

HenyPratiwi. (2009). Eksperensial Learning. Diakses

dari http://henypratiwi.wordpress.com/2009/07/24/eksperiensial-learning/pada tanggal 8 mei 2013, jam 10.45 WIB.

Raharjo. 2011. Pemanfaatan Media Audio Visual. (online), (http://kombasasin.blogspot.com, diakses tanggal 15 Februari 2016).

. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman kanak-Kanak. Jakarta: Litera. Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Soemarjadi, Muzni Ramanto, Wikdati Zahri. (1993). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta. Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan NasionalDirektorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Suwarsih Madya. (2007). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: CV Alfabeta.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/ RA & Anak Usia Kelas Awal SD/ MI. Surabaya: Kencana Presana Media Group.

Zio Perdana. (ed). 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta:DIVAPress




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v6i2.2736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Murniati Murniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.