Eksplorasi Bentuk-Bentuk Geometri Dengan Berbagai Media Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Kelompok TK Nurul Hidayah NW Tibu Sisok Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2018-2019 Eksplorasi Bentuk-Bentuk Geometri Dengan Berbagai Media Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Kelompok TK Nurul Hidayah NW Tibu Sisok Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2018-2019

Baiq Nurman

Abstract


 

Baiq Nurman,S.Pd. , Judul : “Eksplorasi Bentuk-bentuk Geometri dengan Berbagai Media untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Kelompok TK Nurul Hidayah NW Tibu Sisok Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2018-2019”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bentuk-bentuk geometri pada kelompok TK Nurul Hidayah NW Tibu Sisok Kecamatan Janapria. Penelitian dilaksanakan di Kelompok TK Nurul Hidayah NW Tibu Sisok Kecamatan Janapria pada bulan Agustus dan September 2018 dalam dua siklus. Tiap siklus sekali pertemuan dengan waktu 150 menit. Penelitian dilakukan dengan menerapkan berbagai media pembelajaran, yaitu : media gambar diam/mati, media grafis, media model, dan media realita. Data penelitian diambil menggunakan teknik tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar hasil belajar dan lembar observasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analitik. Data kuantitatif dari lembar hasil belajar diolah menggunakan analisis persentase. Data kualitatif dari lembar observasi, diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Data kuantitatif dan data kualitatif kemudian dikaitkan sebagai dasar untuk mendeskripsikan PTK keberhasilan penerapan berbagai media pembelajaran, yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar bentuk-bentuk geometri dan perubahan partisipasi (tingkah laku siswa di kelas) yang menyertainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus ke siklus. Peningkatan hasil belajar siswa diikuti oleh peningkatan kriteria partisipasi siswa dari siklus ke siklus. Tindakan pada siklus I dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapaai kriteria baik dan sangat baik mencapai 28,57%. Tindakan pada siklus II dapat meningkatkan hasil belajar semua siswa mencapai kriteria baik 47,62% dan kriteria sangat baik mencapai 52,38%. Sehingga tidak perlu dilakukan tindakan pada siklus berikutnya. Simpulan: penerapan berbagai media pada pembelajaran bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelompok TK Nurul Hidayah NW Tibu Sisok Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2018-2019. Hal ini ditandai oleh peningkatan persentase siswa yang memperoleh hasil belajar dengan kriteria baik (skor 4) dan sangat baik (skor 5), yaitu dari semula 0 % (baik) dan 0% (sangat baik). Siklus I: 28,57% (baik) dan 28,57% (sangat baik). Siklus II: 47,62% (baik) dan 52,38% (sangat baik).


Keywords


Media pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Bentuk-bentuk Geometri

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amirul Mukminin. 2011. Evaluasi Pembelajaran PAUD : Universitas Negeri Semarang.

Badru Zaman, Asep Hery Hernawan, Cucu Eliyawati. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka

Direktorat Pendidikan TK dan SD. 2005. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta : Dirjen Manajemen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.

Poerwadarminta, W.J.S. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.

Rudi Susilana, M.Si dan Cepi Riyana, M.Pd. 2007. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Seri Pembelajaran Efektif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta : PT Gramedia.

Suharsimi Arikunto, Prof. Dr. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Suydan dan Khusni (1999:3). http://wikipedia.org/wiki/geometri, diakses 26 Mei 2018, tersedia dalam www.google.com

Wina Sanjaya, DR., M.Pd., 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.2990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 nana Nurman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.