Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Pola dan Bentuk – Bentuk Muka Bumi dengan Metode Out Door pada Siswa Kelas IX..A SMPN 8 Pujut Tahun Pelajaran 2020 /2021”

Amar Makruf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS dengan penerapan metode  Out  door (2) mendapatkan bukti bahwa metode pembelajaran Out Door  dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX.A SMPN 8 Pujut tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ditempuh dengan 2 kali tindakan dan terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Dengan jumlah subyek 22 siswa            Berdasarkan kedua data tersebut dapat dilihat peningkatan hasil belajar yang signifikan mulai dari siklus I menuju siklus II , pada siklus I diperoleh nilai rata – rata sebesar 59 , kemudia pada siklus II diperoleh nilai rata – rata sebesar 81 terjadi peningkatan  sebesar  22 poin, kemudian jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak  10 siswa dengan persentase sebesar 45 % kemudian  pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dengan persentase sebesar 95% terjadi peningkatan sebesar 50 poin, begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang dipatok sebesar ≥80% juga sudah terlampui, maka semua indikator  keberhasilan yang dipersyaratkan sudah tercapai  sehingga penelitian ini dihentikan sampai  pada siklus II. Dengan demikian dapat diambil  kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode out door  pada dapat meningkatkan hasil  belajar siswa  materi pola dan bentuk muka  bumi pada  siswa  kelas IX,A  SMPN  8 Pujut tahun pelajaran 2020/2021.


Keywords


Out Door Study, pola dan Bentuk Muka bumi

Full Text:

PDF

References


Abd. Rachman Abror. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : PT Tiara Wacana Yogya

Agus Sujanto. (2004). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Agus Suprijono. (2012). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara Djamarah, (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Mukminan. (2003). Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama.

Hisyam Zaini, dkk. (2008). Strategi pembelajaran aktif, Yogyakarta: pustaka insani madani

Hasan Budi Sulistyo dkk 2006, geografhi untuk SMP IX, Jakarta ,ERlangga

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Lie, Anita (2008). Cooperative Learning, Grasindo: Jakarta

Moleong, Lexy J.(2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Pendidikan dalam Pendekatan Baru. Bandung:

Ngalim Purwanto. (2004). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.2992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 H amar makruf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.