PENERAPAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN IPS DI SDN JANGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RAMLAH RAMLAH

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Jango pada pelajaran IPS melalui penerapan media kartu domino dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Jango yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Pelaksanaan tindakan pada setiap pertemuan dilakukan dengan menerapkan media kartu domino dalam pembelajaran IPS. Data yang dikumpulkan yaitu hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui observasi dan lembar kerja siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian yaitu apabila sesudah tindakan minimal 80% atau 35 siswa memperoleh nilai diatas KKM yaitu 65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media kartu domino dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pebelajaran. Pada siklus I terdapat 53% siswa atau 23 orang siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dan ada 47% atau 21 orang siswa yang tidak tuntas. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebanyak 87% atau 38 orang siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan 13% atau 6 orang siswa yang tidak tuntas akan tetapi memiliki nilai yang hampir mendekati KKM

Keywords


Media kartu domino, hasil belajar IPS

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

https://textid.123dok.com/document/myjj67o2y-pengertian-kartu-domino-media-pembelajaran-kartu-domino.html

https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/5964

https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/

http://widyopangestu.blogspot.com/2015/10/hakikat-dan-tujuan-pendidikan-ips-sd.html#:~:text=Hakikat%20IPS%2C%20adalah%20telaah%20tentang%20manusia%20dan%20dunianya.&text=IPS%20melihat%20bagaimana%20manusia%20hidup,sesama%20manusia%20maupun%20lingkungan%20alamnya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.2998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 RAMLAH RAMLAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.