Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi dalam Bimbingan Klasikal di Kelas IX-2 SMP Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2017/2018

Sahnun Sahnun

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan dalam bimbingan konseling (PTBK) atau dikenal juga dengan istilah action research. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan informasi bagaimana tindakan yang tepat untuk mengetahui apakah penerapan teknik diskusi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart, sedangkan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan rancangan PTBK. Penelitian ini mengambil judul Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi dalam Bimbingan Klasikal di Kelas IX-2 SMP Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan ari peelitian ini adalah; Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi dalam Bimbingan Klasikal di Kelas IX-2 SMP Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2017/2018.Berdasarkan hasil anaalisa data dapat dijelaskan hasil penelitian pada siklus 1 diatas dapat diketahui peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi. Dimana 81% siswa memperhatikan materi dengan seksama, 14 % siswa mengajukan pertanyaan baik pada kelompok diskusi atau kepada pembimbing, 19 % siswa menjawab pertanyaan yang diajukan teman dari kelompok lain, dan 10 % siswa yang membuat simpulan dari materi yang diberikan. Berdasarkan data tersebut diatas dapat diketahui peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi yaitu siswa yang memperhatikan materi dengan seksama 100% atau semua siswa memperhatikan, sedangkan yang mengajukan pertanyaan terdapat 33%, yang menjawab pertanyaan 38%, dan yang membuat simpulan ada 24% siswa. Dari semua kegiatan ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa teknik diskusi berhasil meningkatkan keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan bimbingan klasikal. Ini dapat dilihat dari hasil peningkatan keaktifan siswa yang sebelum treatment sebesar 19.25 % aktif meningkat menjadi 65.5 % siswa aktif mengikuti kegiatan bimbingan klasikal


Keywords


Meningkatkan Keaktifan, Bimbingan Klasikal

Full Text:

PDF

References


Ali, R. H. 2010. Penerapan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS Semester II pada Kompetensi Menganilisis Pelestarian Lingkungan Hidup Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Terpadu Abdul Faid Wonodadi Kabupaten

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Belawati, T. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Ditjen PMP dan TKDPN. 2007. Layanan Bimbingan Klasikal. (online), (http://spritia.or.id/stats/stascurr.pdf, diakses tanggal 22 Februari 2015).

Downing. 2000. Tujuan Bimbingan Klasikal. (online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com, diakses tanggal 25 Februari 2015).

Faisal, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Hartanto. 2006. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung : Rizqi Press.

Hasibuan, J.J. 1991. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ilham. 2009. Mengembangkan Keaktifan Belajar Siswa. (online), (http://abangilham.wordpress.com/2009/03/31/pentingnya-upaya-guru-dalam-mengembangkan-keaktifan-belajar-siswa, diakses tanggal 22 Februari 2015).

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Moleong, L.J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Mutiasmoro, Y.K. 2007. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Pokok Bahasan Perbandingan dan Fungsi Trigonometri Sub Pokok Bahasan Aturan Sinus Cosinus dan Luas Segitiga pada Kelas X-2 di SMA Masehi 1 PSAK, JL Pasir Mas Raya No 1 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar dan Profil. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Rio Septiadi. 2008. Upaya Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Pkn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. (online), (http://one.indoskripsi.com, diakses tanggal 22 Februari 2015).

Romlah, T. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang.

Silberman, M.L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa.

Slamet. 1988. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Soemanto, W. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudirman, N. 1991. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Sumber Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : ALFABETA.

Suhardjono, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sukardi. 1984. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. 2008. Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta : PT. Grasindo.

Suryabrata, S. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Rajawali.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Zoelqarnaen. 2007. Belajar Aktif. (online), (http://zoelqarnaen.blogspot.com, diakses tanggal 22 Februari 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.2999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SAHNUN SAHNUN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.