Respon Lembaga Pendidikan Islam Terhadap Isu Kristenisasi Pasca Gempa Di Dusun Lololan Desa Loloan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara

Rusman Hadi

Abstract


Agama merupakan kekuatan spiritual yang diyakini para pemeluknya dapat memenuhi kebutuhan rohani manusia. Dalam agama Islam penyebaran agama disebut dakwah sedangkan dalam agama Kristen disebut kristenisasi. Dalam kondisi sosial masyarakat terhimpit yang mengkawatirkan ialah munculnya gerakan kristenisasi, salah satunya ialah kegiatan pasca gempa tahun 2018 di Lombok Utara. Keberadaan lembaga pendidikan sangat berperan dalam mengatasi gerakan misonaris agar kristenisasi yang terjadi bisa teratasi dan tidak berkembang.

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan isu krsitenasi apakah palsu atau fakta di Lombok Utara terjadi, dan bagaimana respon lembaga pendidikan Islam yang berada di dusun Loloan dalam menghadapi isu kristenisasi tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data adalah menggunakan teknik interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) isu kristenasasi yang  viral  pasca gempa di Lombok Utara khususnya di Dusun Loloan adalah isu palsu, namun tetap perlu diwaspadai karena sudah ada indikasi yang mengarah kepada fakta. 2) Peran lembaga pendidikan Islam di dusun Loloan dalam menanggulangi kristenisasi dengan memberikan pemahaman akidah-akidah Islam kepada masyarakat dan memperkuatnya dengan pendidikan serta ikatan ukhuwah islamyah. 3) Bentuk-bentuk Kegiatan dalam menanggulangi Kristenisasi: (a) dengan menyelenggarakan kegiatan pendidikan keagamaan non formal, (b) meningkatkan rutinitas majlis taklim mayarakat, (c) mengadakan kegiatan yang langsung bertemu dengan masyarakat, seperti yasinan, barzanji, hiziban, istighosah.


Keywords


Isu, Kristenisasi, Lembaga Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Al Baihaqi, Abu Bakar Ahmad bin Husin. Syu’abul Iman. Beirut: Dar al Kitabah al-Ilmiah, 190

Fithriya, Dyna.” Peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Mengatasi Kristenisasi Yang Terjadi Dikalangan Masyarakat Muslim Kota Depok.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.

Gazali, Marlina.” Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan untuk Mencerdaskan Bangsa.” Jurnal Al-Ta’dib 6, no.1 (Januari-Juni 2013): 128.

https://jurnalislam.com. Din Syamsuddin Tanggapi Isu Kristenisasi di Lombok, diakses pada hari Senin 30 September 2019 .

https://www.swamedium.com. Korban gempa Lombok jadi target kristenisasi,diakses pada hari Senin 30 September 2019.

Huasaini, Adian. Kristenisasi Di Indonesia. Bandung: Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, 2008

Ida Karolina dan Sulityarini, “ Peran Sekolah Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama,” Untan no. 3 (Juli-Desember 2016); 17. Diakses tanggal 20 Juni 2020 http://jurnal.untan.ac.id

Kementerian Agama, Al-Quran dan Terjemahan, (Bandung: Al-Kautsar), 349.

Muhammad Husein Musthofa, “Al khobaru Wal Inysa’ Bainal Mafhuum al Manthaqati wa Addalalatu Allughowiyah,” BERJ. Mosul 04, no. 2; 89 diakses pada 23 Juni 2020. https://berj.mosuljurnals.com

Natsir, M. Islam dan Kristen di Indonesia. Jakarta: Media Dakwah, 1983.

Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta : Galia Indonesia, 1999.

Syafiin Masnyur, “Pemikirian Intlektual Muslim tentang Kristenisasi di Indonesia 1968-1998, Al-Qolam,” AlQALAM 31, no. 1 (Januari-Juni 2014): 162, diakses 10 Juni 2020.

Tholkhah, Imam. Mewaspadai dan Mencegah Konflik Antar Umat Beragama. Jakarta: Departemen Agama RI Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Hidup Umat Beragama, 2001.

Ummu Naflah, Muslimah Peduli Negeri, Suara Islam, 1 September 2018, diakses 26 Juni 2020, http://www.suaraislam.id




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rusman Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.