Meningkatkan Kreativitas Anak Melaui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Paud Nurul Anshory Betumping Tahun Pelajaran 2020/2021

Juandra Prisma Mahendra, Fitriani Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting. Penelitian ini dilaksanakan di Paud Nurul Anshory Betumping tahun pelajaran 2020/ 2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 15 orang anak kelompok B Paud Nurul Anshory yaitu terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting. Sebelum diberikan tindakan ketuntasan mencapai 20%. Setelah dilakukan tindakan kemampuan kreativitas pada siklus I ketuntasan mencapai 40% dan pada siklus II peningkatan mencapai 86,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di Paud Nurul Anshory Betumping.

 


Keywords


Kreativitas, Finger Painting

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Meuthia, Navisah. (2019). Peningkatan kreativitas menggambar melalui metode finger painting pada kelompok A TK Alif Surabaya Rungkut Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mulyani, Novi. (2019). Mengembangkan kreativitas anak usia dini. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rahmawati, Yeni dan Eius Kurniati. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juandra Prisma Mahendra, Fitriani Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.