Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Sekolah Dasar

Miranti Widi Andriani, Amelia Ramadani

Abstract


Media pembelajaran yang sekaligus sebagai sarana bimbingan merupakan alat yang digunakan untuk memperjelas pesan yang ingin disampaikan guru terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran inovatif haruslah menyenangkan dan dapat menarik minat siswa untuk belajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen.Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah single subject desain yang mana pretest dan postest diberikan pada satu kelompok yang sama. Hasilnya diperoleh nilai output sebesar 0,867  sementara koefisien determinasi sebesar 0,752 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Augmented Reality memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan persentase sebanyak 75,2%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa Penerapan media Augmented Reality dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.


Keywords


Augmented Reality, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Azuma, R. T. (2018). A Survey of Augmented Reality. Membrana Journal of Photography, Vol. 3, 1, 355–385. https://doi.org/10.47659/m4

Bethany. (2014). Teknologi Media Pembelajaran.

Cawood, S. dan M. F. (2018). Extracted from: Augmented Reality A Practical Guide. Augmented Reality A Practical Guide.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594

Firdanu, R., Achmadi, S., & Suryo, A. W. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI PERALATAN KONSTRUKSI DALAM DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS ANDROID. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Harlan, J. (2018). ANALISIS REGRESI LINEAR. Gunadarma.

Hugues, O., Fuchs, P., & Nannipieri, O. (2011). New Augmented Reality Taxonomy: Technologies and Features of Augmented Environment. In B. Furth (Ed.), Handbook of Augmented Reality. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-0064-6_2

Lichty, P. (2019). The Gamification of Augmented Reality Art. In Springer (Ed.), Augmented Reality Games II. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15620-6_10

Miftah, C. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru PPKn dalam era digital. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 31–36. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/article/view/3657

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Payadnya, A., & Jayantika, T. (2018). Panduan penelitian Eksperimen beserta analisis statistic dengan spss. Deepublish.

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10

Rasalingam, R., & Muniandy, B. (2014). Exploring the Application of Augmented Reality Technology in Early Childhood Classroom in Malaysia. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(5), 33–40. https://doi.org/10.9790/7388-04543340

Sari, E. P., & Gunanto, Y. E. (2018). Penerapan Metode Giving Questions and Getting Answers Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X-Mia Di Sekolah ‘Fanós’ Kupang [Implementation of the Giving Questions and Getting Answers Method To Improve Critical Thinking Skills With G. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 239. https://doi.org/10.19166/pji.v14i2.846

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.

Suliyanto. (2017). Pelatihan Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223–232.

Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 65–84.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 miranti widi andriani, Amelia Ramadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.