Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Personal Data in a Form dengan Metode TGT( Team Games Tournament) pada Siswa Kelas VII. A SMPN 1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022

Sahir Sahir

Abstract


Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini ada lima unsur pokok (Johnson & Johnson, 2003), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a)  Bagaimanakah Meningkatkan Hasil Belajar  Bahasa Inggris  Materi Write Personal Data in a Form dengan  Metode TGT ( Team Games Tournament)  pada Siswa Kelas VII.A SMPN  1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022”? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Bahasa Inggris  Materi Write Personal Data in a Form dengan  Metode TGT ( Team Games Tournament)  pada Siswa Kelas VII.A SMPN 1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022” Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII.A SMPN  1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 15 siswa laki – laki dan 14 siswa perempuan. Dari   analis hasil belajar didapatkan bahwa Pada siklus I pembelajaran kooperatif model TGT diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah  66,2  dan ketuntasan belajar mencapai 44,8% atau 13 siswa  dari 29 siswa sudah tuntas belajar tuntas sebanyak 10 siswa atau 34,48 % . Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata tes formatif sebesar 75,37   dari  29 siswa yang telah tuntas sebanyak 28 siswa atau persentase ketuntasan sebesar  96,5 % dan 1 siswa belum mencapai ketuntasan belajar atau 3,5 %. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 96,5% (termasuk kategori tuntas). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TGT dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa kelas VII.A SMPN  1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris.


Keywords


pembelajaran Bahasa Inggris, kooperatif model TGT

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2006. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi.2009. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Dirjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Combs. Arthur. W. 2004. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Firmansyah 2005, Stepping More , for junior high school/ Madasah tsanwiyah Grade VII, Reguna –Bandung

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah PanitianPelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Mursell, James ( - ). Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.

Nur, Moh. 2011. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto, 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i3.3871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sahir Sahir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.