PERAN PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PPM) DALAM INOVASI TANAMAN COKLAT PADA KELOMPOK TANI DI DESA MOPUSI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Hamdi Gugule, Romi Mesra

Abstract


Kegiatan PPM tersebut telah memberi pelatihan dan bantuan jenis bibit tanaman siap tanam, dan bibit yang disemaikan oleh anggota kelompok tani sampai pada kegiatan penyambungan pucuk tanaman coklat sebelum di pindahkan dan dibagikan kepada anggota kelompok tani. Kegiatan ini berlangsung sekitar satu tahun mulai dari pembentukan kelompok tani, pembibitan, penyambungan pucuk tanaman sampai pemindahan di lahan anggota kelompok tani. Dari proses pembinaan dan pelatihan tersebut, peneliti bermaksud mengukur peran PPM melalui perubahan (1) pengetahuan  petani terhadap sistem pembibitan dan pemeliharaan tanaman coklat, (2) Sikap petani terhadap penerimaan  inovasi yang berkaitan dengan tanaman coklat dan, (3) Keterampilan dalam melakukan penanaman coklat secara professional. Metode penelitian adalah deskriptif, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan pengetahuan petani, sikap dan keterampilan petani setelah mengikuti kegiatan pembinaan kelompok tani. Ari aspek pengetahuan petani yang dianggap masih perlu ditingkatkan adalah kegiatan penyambungan pucuk tanaman coklat terutama pada tingkatan implementasi, karena sering petani dalam kegiatan tersebut merasa ragu akan keberhasilannya. Secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan bahwa peran PPM dalam kegiatan penanaman coklat bagi kelompok tani di desa Mopusi berdampak positif terhadap  anggota kelompok tani serta anggota masyarakat lainnya yang belum masuk dalam keanggotaan kelompok tani. Dampak bagi petani terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menanam coklat dan bagi anggota masyarakat lainnya termotivasi untuk bergiat menanam coklat secara profesional


Keywords


Peran, Program Pengembangan, Pemberdayaan Masyarakat, PPM, Inovasi Tanaman Coklat, Kelompok Tani

Full Text:

PDF

References


Agus Dwiyanto, dkk, Penduduk dan Pembangunan. . Aditya Media, Yogyakarta.

Bambang Rudito, Melia Famiola. 2008. Social Mapping, Rekayasa Sains Bandung.

Dwi Kartini, 2009. Corporate Social Responsibility, Transformasi Konsep Sustainability Management Dan Implementasi di Indonesia. Penerbit PT . Refika Aditama.

Cohen, J. Bruce dan Sahat Simamora, 1983., Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta Bina aksara.

Elkington, J 1998, Cannibals with forks: The Triple Bottom Line of21 Century Businesses, Gabriola Island, BC Canado; New Spciety Publishers.

Goode, J. William, Sahat Simamora, 1983. Sosiologi Keluarga, Jakarta : Bina Aksara.

Hamdi Gugule, R. M. (2022). Studi pemetaan sosial terhadap pengembangan masyarakat sektor pendidikan di desa lingkar tambang kabupaten bolaang mongondow. JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research an Education, 3(1), 51–58.

J.W. Schoorl, 1991., Modernisasi, Pengantar Sosiologi Pembangunan Negara-Negara Sedang Berkembang. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Khairuddin, 1992. Pembangunan Masyarakat, Tinjauan Sosiologi, Ekonomi dan Perencanaan. Penerbit Liberty Tugyakarta..

Koentjaraningrat, 1982. Pengantar Antropologi, Penerbit PT Gramedia Jakarta.

-----------------------, 1974, Mentalitet Pembangunan, PT Gramedia Jakarta.

Soerjono Soekanto, 1987. Sosiologi Satu pengantar, Penerbit Rajawali Jakarta.

Suharto Edi, 2010, Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Penerbit Refika Aditama Jakarta.

Suwarsono, Alvin Y. SO. 1994. Perubahan Sosial dan Pembangunan. Penerbit LP3ES, Jakarta.

UU No. 3 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Undang Undang No 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara

Sarbini Sumawinata, 1989. Politik Ekonomi Kerakyatan, Gramedia Jakarta.

Sukino, S. PKP, MM, 2014. Membangun Pertanian dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani, Terobosan Menanggulangi Kemiskinan. Penerbit Pustaka Baru Press.

Zubaedi, 2013. Pengembangan Masyarakat. Wacana dan Praktik. Penerbit. Kencana jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hamdi Gugule, Romi Mesra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.