Pengaruh Penerapan Media Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Diklat Konstruksi dan Utilitas Gedung

liya dahliya, Suparman Suparman, Imam Yuliadi

Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata diklat Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi dan menganalisis pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental designs, One-GroupPretest-PostestOnlyDesain yaitumembandingkankeadaansebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Media video tutorial terdiri dari gabungan video rekaman maket fondasi, video materi esensial fondasi dan sloof, serta video tutorial menggambar denah dan detail fondasi dan sloof. Strategi penggunaan media video tutorial dengan membandingkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar peserta didik dari hasil uji paired sample test dengan signifikansi 0,00 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar peserta didik.

Keywords


video tutorial, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 liya dahliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.