Dampak Perilaku Sosial Mengenai Pandangan Masyarakat Terhadap Kesetaraan Gender

Joan Meta Wibowo, Marcella Angeli Kesek, Ketilina Tumandung, Mint Husen R Aditama

Abstract


Abstrak (Indonesia).Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Dampak Perilaku Sosial Mengenai Pandangan Masyarakat Terhadap Kesetaraan Gender.  Banyaknya masyarakat terdampak perilaku sosialnya mengenai pandangan mereka terhadap kesetaraan gender . Pengaruh ini besar bagi kesetaraan gender dimana pandangan mereka tentang kesetaraan gender memiliki pengaruh besar terhadap perilaku sosial mereka . Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bersifat interpretatif, informan dalam penelitian ini adalah perwakilan masyrakat yang tinggal di sekitar lingkungan Tomohon dengan teknik pengambilan informan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana Dampak Perilaku Sosial Mengenai Pandangan Masyarakat Terhadap Kesetaraan Gender.

 

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pandangan masyarakat memiliki dampak terhadap perilaku sosial mereka mengenai kesetaraan gender terlebih dalam pemenuhan hak yang sama di bidang pendidikan, pembagian tugas rumah tangga yang merata,adanya kebebasan dalam menentukan pilihan pendapat, kebebasan dalam pengambilan keputusan, dan terjadinya peningkatan ekonomi

 

Kata Kunci: Pandangan Masyarakat, Kesetaraan gender,Perilaku Sosial


Keywords


Pandangan Masyarakat, Kesetaraan gender,Perilaku Sosial

Full Text:

PDF

References


Kajanus, A. (2015). Chinese Student Migration, Gender and Family. London School of Economics and Political Science: UK

Veronica V. Kostenko, Pavel A. Kuzmuchev & Eduard D. Ponarin (2015): Attitudes towards mk gender equality and perception of democracy in the Arab world, Democratization, DOI: 10.1080/13510347.2015.1039994.

Dede Nurul Qomariah(2019) PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KESETARAAN GENDER DALAM KELUARGA

Herien Puspitawati, Konsep, Teori dan Analisis Gender, (Bogor: PT IPB Press, 2013

Murad (dalam Ibrahim, 2005)

UNECSO (2002a). Gender equality in basic education: Education for all. Paris: UNESCO. Walby, Sylvia. (1990). Theorising Patriarchy. Blackwell: Oxford. Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Ofset.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 joan meta wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.