ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Yosefin Rianita Hadiyanti, Pitriana Tandililing, Maya Marisa Fety Seralurin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik serta faktor penyebab apa yang membuat peserta peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear satu variabel berdasarkan prosedur Newman di SMP Negeri 2 Sentani kelas VII B tahun ajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang yang diambil dari peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Sentani. Pemilihan subjek diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Bentuk soal tes dalam penelitian ini adalah soal cerita terdiri atas 3 butir soal. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada persamaan linear satu variabel berdasarkan prosedur Newman meliputi: (1) kesalahan memahami masalah; (2) kesalahan transformasi; (3) kesalahan keterampilan proses; (4) kesalahan penulisan jawaban akhir. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terjadi karena beberapa faktor, diantaranya: kurang paham maksud soal , subjek tidak mengubah soal ke dalam bentuk matematika tanpa membuat permisalan terlebih dahulu, masih bingung membuat permisalan ke bentuk model matematika untuk soal yang diketahui, subjek tidak tahu prosedur dari metode yang digunakan, kurang teliti, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal dan masih bingung menuliskan kesimpulan sesuai dengan apa yang ditanyakan pada soal.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yosefin Rianita Hadiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.