Penerapan Metode Storytelling Menggunakan Media Hand Puppet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-Kanak

Nurhayati Nurhayati, Amiruddin Amiruddin, Juanda Juanda, Elfira Elfira

Abstract


Mengajarkan berhitung di TK perlu metode yang menarik, karena pada masa ini adalah masa bermain. Storytelling dapat menjadi metode yang cocok untuk mengajarkan berhitung pada anak TK, karena storytelling mengandung unsur bermain dan humor yang mendorong anak ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi di lapangan masih banyak Pembina anak TK yang belum bisa menerapkan metode yang cocok untuk mengajarkan berhitung, sehingga kegiatan belajar berhitung menjadi membosankan dan beban bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode storytelling menggunakan media hand puppet untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak TK. Melalui bercerita anak-anak usia muda menjadi lebih tertarik dan fokus memperhatikan/menyimak yang di ajarkan, karena cerita dapat mendorong anak-anak aktif tanpa merasa dipaksa untuk belajar. Metode storytelling menggunakan hand puppet membuat proses pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan bagi anak-anak, karena ceritera itu bersifat fleksibel dan mengandung unsur seni, humor, serta lebih cepat menjangkau aspek kognitif, afektif dan psikomotorik anak-anak. Penelitian ini rmenggunakan pendekatan kualitatif metode studi pustaka, yakni mengkaji referensi-referensi yang relevan dengan masalah yang di teliti. Pustaka tersebur dapat berupa buku pustaka dan jurnal hasil penelitian tentang penerapan storytelling menggunakan media hand puppet untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak taman TK. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode storytelling menggunakan media hand puppet dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak TK usia 4-6 tahun, anak-anak senang mendengarkan cerita, anak-anak senang bercerita dengan boneka, bercerita menimbulkan suasana belajar menjadi menarik dan menyenangkan, serta mendorong anak-anak aktif dan kreatif dalam mengembangkan imajinasi, sehingga kegiatan belajar tidak menjadi beban bahkan anak-anak lebih senang dalam belajar berhitung.


Keywords


Storytelling, Puppet, Kemampuan berhitung.

Full Text:

PDF

References


Agustina, V. F. (2019). Meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini dengan cara storytelling. JURNAL SPIRITS, 10(1), 65-77.

ABKIN. (2007). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Gaskins, D. (2014). Happy math storytelling day. https://denisegaskins.com/2013/09/25/happy-math-storytelling-day/, diakses 16 November 2021

Goral, M. B., & Gnadinger, C. M. (2006). Using Story Telling To Teach Mathematics Concept, Australian Primary Mathematics Classoom, AMPC journal 11 (1), 4.

Hall, S. 2019. Math Storytelling Day. (Online) https://teachersfirst.com/blog/2019/09/math-storytelling-day/, diakses 16 November 2021

Herrmann, D. (2007). The Educational Benefits of Storytelling, (Online), (http://www.helium.com/items/655050-the-educational-benefits-of-storytelling), diakses 5 November 2021.

Kusnaini. (2015). Metode pengembangan Bahasa. Malang: Universitas Terbuka, UPJJ.

Natalia, D. (2012). Menngkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Bercerita Dengan Celemek Pada Anak Didik Kelompok A TK Islam Bakti XI Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Novira, N., & Jaya, I. (2021). Analisis metode bercerita menggunakan boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 84-91.

Nurhayati, N., & Faijin, F. (2019). Pengembangan Panduan Teknik Mendongeng Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Anak RA/PAUD/TK. Educatio, 14(2), 48-56.

Prayitno. (2017). Permainan Matematika Suatu Daya Tarik Bagi Peserta Didik. Jurnal Matematika dan Pembeajaran Volume 5 (1).

Sugiyono. (2005). Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Rich, D. (2008). Pengajaran dan Bimbingan Prasekolah, membangun dasar bagi keberhasilan do Sekolah Pra-TK, dan Transisi ke SD. Terjem: Preschool MegaSkill Building the Base for School Success Pre K, Kindergaten. Transition, Jakarta: PT. Indeks.

Sum, S. W. E., Wong, K.Y. M., Seah, W. T. (2022). Storytelling As A Pedagogical Strategy For Culturally Responsive Mathematics Teaching.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan,(Jakarta: Yayasan PustakaObor Indonesia, 2014). Miswar dan Pangulu Abd. Karim Nasution.. Akhlak Tasawuf. Bandung: Citapustaka Media Perintis.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurhayati Nurhayati, Amiruddin Amiruddin, Juanda Juanda, Elfira Elfira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.