Upaya Mengatasi Learning Loss Baca Tulis Pada Anak-Anak Asli Papua

A Ubaidillah, Sulis Maryati

Abstract


Learning loss merupakan keadaan menurunnya kemampuan akademik peserta didik, dimana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau khusus. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya mengatasi learning loss pembelajaran baca tulis anak-anak asli Papua di Rumah Belajar KBLC Jayapura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan data sekunder yang diambil dari berbagai sumber, dan lokasi penelitian di Rumah Belajar KBLC Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya mengatasi learning loss pembelajaran baca tulis pada anak-anak asli Papua di Rumah Belajar KBLC Jayapura melalui; 1) Tes diagnosis pada anak-anak asli Papua yang akan mendaftar sebagai peserta didik di Rumah Belajar KBLC Jayapura, tes dilakukan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuannya masing-masing, 2) Merancang pembelajaran yang bervariasi, setiap guru yang akan mengajar membuat lesson plan sebagai persiapan mengajar dengan berbagai metode variatif, seperti penggunaan metode games dan bermain kartu dengan pengucapan volume tinggi (membuka mulut dan bersuara lantang), hal ini dilakukan agar peserta didik merasa belajar rasa bermain atau bermain sambil belajar, sehingga mereka enjoy dan senang dalam belajar, 3) Menggunakan pendekatan yang baik, seperti penggunaan WhatsApp sebagai media pendukung upaya pendekatan guru kepada peserta didik dalam membangun komunikasi yang baik , dan 4) Evaluasi berkelanjutan.

 


Keywords


Learning Loss, Baca Tulis

Full Text:

PDF

References


Puspita, Ria Puspita. Tusyantari, Nabila Bunnanditya. Suswandari, Meidawati. (2021) Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1).

Andriani, Wiwin. Subandowo, M. Karyono, Hari. Gunawan, Wawan. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitar Negeri Malang.

Cerelia, Jessika Jesslyn. Sitepu, Aldi Anugerah. L. N, Farid Azhar. Pratiwi, Indah Reski. Almadevi, Mikayla. Faras, Mohammad Naufal. Azzahra, Thalita Safa. Toharudin, Toni.(2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistika X. Departemen Statistika Universitas Padjadjaran.

Putra, Miffta Faris Prima. (2022). Belajar Mengenal Huruf, Membaca dan Menulis Bersama Melalui 3P: Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak-anak Asli Papua. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI Universitas Cenderawasih, 6 (1).

Nursalim. Witdianti, Yeni. Rahayu, Desti. (2023). Pelatihan Literasi Baca Tulis dan Numerasi Kelas Awal Berbasis Pendidikan Inklusif dan Disiplin Positif Bagi 7 Perguruan Tinggi di Papua dan Papua Barat. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. 6 (1).

Yusuf, Irfan. Widyanigsih, Sri Wahyu. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Literasi dalam Mewujudkan Kepedulian Pendidikan di Sidey Kabupaten Manokwari Papua Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan Universitas Papua, 9 (3).

Gea, Herlina. Matapun, Yulius. Tanta, Cornelius. (2022) Implementasi Gerakan Literasi Membaca di SD Inpres Dabolding Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Noken Jurnal Pengelolaan Pendidikan Universitas Cenderawasih, 3 (1).

Ghufron, Anik. Sutama. Tes, Pengukuran, Asesmen, dan Evaluasi Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Modul 1 Evaluasi Pembelajaran Matematika.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Rahartri. (2019). WhatsApp Media Komunikatif Masa Kini (Studi kasus pada Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspitek). Visi Pustaka, 21 (2).

Muhyidin, Asap. (2017). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan diKelas Awal Sekolah Dasar. MODELING Jurnal ProgramStudi PGMI, 4 (2).

Djiwandono, M. Soenardi. (2008). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Syaodih, Erliany. Wulansary, Ratna. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunakan Metode Pembelajaran Bervariasi. EDUCARE Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17 (2), 84-89.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i1.4841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AUbaidillah AUbaidillah, Sulis Maryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.