Kontribusi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Terhadap Pembentukan Moral dan Intelektual Siswa

Samsul Hakim

Abstract


Pemblajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)  mengandung banyak kisah dan catatan-catan sejarah para pendahulu Islam yang dapat dijadikan sebagai tauladan dalam kehidupan saat ini, karena itu pelajaran sejarah Kebudayaan Islam memiliki peran penting dalam memberikan arah pada kehidupan kaum muslim sepanjang masa.Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kontribusi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan moral dan intelektual siswa. Dengan tujuan untuk mengetahui  bagaimana kontribusi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan moral dan intelektual siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau kepustakaan dengan content analisys atau analisi isi sebagai Teknik analisis data  karena penelitian ini dilaksanakan melalui pengamatan dan pengalian in formasi-informasi atau data yang bersumber dari berbagai literatur yang terkait dengan penelitian tersebut. Berdasarkan hasil pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahawa Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam memiliki kontribusi besar dalam pembentukan moral dan intelektual. Dengan pemahaman yang baik dan benar terhadap peristiwa-peristiwa yang tersurat maupun tersirat dalam sejarah Islam akan membina, mengarahkan  dan membimbing  siswa dalam pembentukan moral yang islami. Dan dengan  memahami apa yang tersirat dan tersurat dalam peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam sejarah Islam akan melatih siswa dalam berpikir logis, kritis, dan sistematis sehingga akan mengasah kemampuan intelektual siswa.

Keywords


Sejarah; Peradaban; Islam; moral; intelektual

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. & Ahmadi, Iif Khoiru. (2010) Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta:Prestasi Pustakaraya.

Anshari, LAL (2010).Transformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung Persada Press

Asraf, Ali & Husain, Sajjad (2011).Crisis in Muslim Education. Terj.Mukani, Pergulatan Ideologis Pendidikan Islam. Malang: Madani Media.

Danim, Sudarwan (2013).Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Alvabeta.

Departemen Pendidikan Agama RI(2004). Pedoman Khusus Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: DepartemenPendidikanAgama RI.

Fatimah, Enung (2010).PsikologiPerkembangan; PerkembanganPesertaDidik. Bandung: PustakaSetia.

Husaini, Adian (2010).Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab. Jakarta: Cakrawala.

Jalaluddin (2010). Psikologi Agama; MemahamiPerilaku Keagamaan dengan mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Karim, Abdul (2013). Pengembangan Moral Dan Intelektual Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts Nurul Khulus Bondowoso, Tesis (Surabaya: Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel.

Lampiran Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar KompetensiLulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Di Madrasah.

Lestari & Ngatini(2010). Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

M. Dawam Rahardjo(1999). Intelektual-Inteligensiadan Perilaku Politik Bangsa, (Bandung: Mizan.

Maryam, Sitidkk. (2003). Sejarah Peradaban Islam Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Fak. AdabSunanKalijaga.

Mujtahid. (2010) Reformasi Pendidikan Islam: Meretas Mindset Baru, Meraih Peradaban Unggul. Malang: UIN-Maliki Press.

Nabi, Malik Bin. (1994) Syuruth Al-Nahdhah, Terj. Afif Muhammad & Abdul Adhiem, Membangun Dunia Baru Islam. Bandung: Mizan.

Nucci. Larry P. & Darcia Narvaez. Ed. (2008) Handbook of Moral and Character Education. New York: Routledge.

Rahayu, Siti(2013). Hubungan Pendidikan Agama Islam Berbasis Kognitif Dengan Karakter Siswa; Studi Korelatif di Madrasah Aliyah Negeri Suruh kabupaten Semarang tahun 2012/2013, Tesis. Salatiga: STAIN Salatiga.

Ramayulis (2011). Sejarah Pendidikan Islam; Napaktilas Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam dari Era Nabi sampai Ulama Nusantara. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosyada, Dede(2004). Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Modal Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sternberg, Robert J. & Sternberg, Karin(2012). CognitivePsychology. Belmont: Wadsworth

Supartono, Suparlan(2007). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: ArRuzz.

Yusuf, Ali Anwar(2006). Islam danSain Modern: Sentuhan Islam TerhadapBerbagaiDisiplinIlmu. Bandung: PustakaSetia.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i1.4859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Samsul Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.