Analisis Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Kelas IV Di SDN Larangan

Asanti Dwi Yustini, Satrio Wibowo, Rosyidah U. Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “Perencanaan, Pelaksanan dan Evaluasi kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada tema “Sumber Energi” kelas IV di SDN Larangan Sidoarjo”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan Pendekatan Fenomologi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV-A SDN Larangan Sidoarjo, dengan sampel 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dimana ada pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada tema “Sumber Energi” dapat melebihi target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, dari tema sumber energi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan yaitu menjadi 83,57%, terdapat 24 siswa mencapai nilai KKM yaitu 70, sisanya terdapat sebanyak 4 siswa tidak mencapai KKM. Persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 87%.  Artinya sudah mencapai target yang diinginkan peneliti.

Keywords


Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


X. S. Li, et al., "Analisis dan Penyederhanaan PWM Vektor Ruang Tiga Dimensi untuk Inverter Kaki Empat Fasa Tiga," IEEE Transactions on Industrial Electronics, vol. 58, hlm. 450-464, Februari 2011.

R. Arulmozhiyal dan K. Baskaran, "Implementasi Fuzzy PI Controller untuk Kontrol Kecepatan Motor Induksi Menggunakan FPGA," Journal of Power Electronics, vol. 10, hlm. 65-71, 2010.

D. Zhang, dkk., "Mode Umum Kontrol Arus Beredar dari Konverter Sumber Tegangan Dua Tingkat Tiga Fasa Interleaved dengan Modulasi Vektor-Ruang Terputus," Kongres dan Eksposisi Konversi Energi IEEE 2009, Jilid 1-6, hal. 3906-3912, 2009.

Z. Yinhai, dkk., "Skema Modulasi SVPWM Novel," dalam Konferensi dan Pameran Elektronika Daya Terapan, 2009. APEC 2009. IEEE Tahunan Kedua Puluh Empat, 2009, hlm. 128-131.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i1.4861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asanti Dwi Yustini, Satriyo Wibowo, Rosyidah U. Oktavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.