Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah Pendek Pada Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard Port-Klang

Afnila Sari, Isra Hayati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Tadika Al-Fikh Orchard,Port-Klang dengan tujuan untuk membangkitkan semangat peserta didik khususnya dalam mempelajari Al-Quran  sekaligus menanamkan kesadaran orang tua tentang pentingnya mengajarkan anak-anak mengenai ilmu Al-Quran. Penelitian ini menggunakan berbagai metode antara lain, observasi, interview dan juga dokumentasi yang dilakukan dengan tujuan memudahkan proses pelaksanaan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya kemampuan membaca Al-Quran membutuhkan bimbingan dari orang yang mampu mengajarkan dengan baik dan benar serta dikembangkan secara lebih. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan dalam proses belajar anak sangat bergantung pada bimbingan dan motivasi dari orangtua karena dan hal ini sangat menentukan masa depan anak.


Keywords


Motivasi, Bimbingan Orang Tua, Alquran.

Full Text:

PDF

References


Abadi, M., & Muthohirin, N. (2020). Metode Cultural Responsive Teaching dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Progresiva: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 34–48.

Amin, N., Siswanto, F., & Hakim, L. (2018). Membangun Budaya Mutu yang Unggul Dalam Organisasi lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 94–106.

Anwar, H. (2017). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Pengelolaaan Madrasah Aliyah Swasta. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 15–27.

Ikhwan, A. (2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qurâ€TM an dan Hadist). Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 128–155.

Maqfirah. (2013). Efektivitas Pengelolaan Administrasi Akademik Fakultas Syariah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Mudarrisuna, 3(2), 328–349.

Muthohirin, N. (2019). Politik Identitas Islam dan Urgensi Pendidikan Multikultural. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1).

Mustaqim, Y. (2014). Pengembangan Konsepsi Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1).

Nurhayati, T. (2016). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i1.4886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afnila Sari, Isra Hayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.