PENERAPAN METODE PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SERAP DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS VB SD INPRES OEBUFU KUPANG

Dyah Harsitowati

Abstract


Penelitian tindakan kelas dilakukan di SD Inpres Oebufu Kupang dengan mengacu pada pokok permasalahan yang diangkat yaitu metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, belum ditemukan strategi pembelajaran yang tepat dan belum ada kolaborasi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, dengan demikian maka peneliti menggunakan Metode PAIKEM untuk meningkatkan daya serap dan hasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada materi Yesus mengenyangkan 5000 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh menerapkan metode PAIKEM dalam meningkatkan daya serap dan hasil belajar siswa. Penelitian didesain dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Populasi penelitian siswa kelas IV.B  SD Inpres Oebufu Kupang yang berjumlah 24 orang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes. Data selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PAIKEM dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan daya serap siswa dari 50,83% sebelum penelitian menjadi 88,33% pada akhir siklus II.  Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan ketuntasan sebesar 33,33% sebelum penelitian menjadi 95,83% pada akhir siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode PAIKEM dapat digunakan pada mata pelajaran pendidikan Agama Kristen dan mata pelajaran lain yang relevan

Full Text:

PDF

References


Amri dan Ahmadi, 2010. PAIKEM GEMBROT (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Depdiknas, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Ajar Pembekalan Guru

Djamarah, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Pitajeng, 2006. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas Dirjen Perguruan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Purwanti, 2004. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar dan Metodologi Pengajaran. Bandung :Tarsito

Slameto, 2011. Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Semarang: UNNES.

Syah, Muhibin dan Kariadinata, Rahayu, 2009. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM).Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.