Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pengelolaan Perkantoran Di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang

Zahrotun Nisak, Abdullah Aminuddin Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan agar mengetahui Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pengelolaan Perkantoran Di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun Hasil dari Penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang bahwa 1). Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang yang pertama adalah dengan selalu menerapkan rasa nilai kejujuran, disiplin, tepat waktu serta bekerjasama dalam bekerja. Yang kedua, untuk perekrutan yang dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang dengan cara membuat pemberitahuan open rekrutmen yang disebarkan melalui media sosial, sedangkan seleksi di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang melihat dari kualifikasi pendidikan dan juga kemampuannya. Yang ketiga, pegawai atau staff yang ada di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang juga diharuskan untuk selalu mengikuti seminar serta workshop yang dilakukan oleh yayasan maupun dari lembaga lain. Yang keempat, motivasi yang diberikan kepada staff ataupun pegawai yang ada di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang berupa penghargaan, ucapan terima kasih, ucapan semangat serta pujian. 2). Pengelolaan perkantoran di Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang meliputi perencanaan, dengan cara tinggal menjalankan program kerja yang sudah ditentukan diawal tahun.  Pengorganisasian dilakukan dengan cara briefing atau diberi arahan jika selama 1 semester hasil kinerja staff memuaskan maka ditetapkan staff tersebut untuk dijadikan pegawai tetap. Selanjutnya Pergerakan, yang dilakukan di madrasah aliyah Al-Bairuny Jombang dengan cara tetap menjalin dan membangun komunikasi yang baik antar staff dan pimpinan. Yang terakhir pengendalian, dengan cara evaluasi. 3). Manajemen sumber daya manusia dalam pengelolaan perkantoran di madrasah aliyah Al-Bairuny Jombang yang pertama tetap mengedepankan kejujuran, bekerjasama serta bertanggungjawab bersama, yang kedua dalam hal

Keywords


Manajemen SUmber Daya Manusia; Pengelolaan Perkantoran

Full Text:

PDF

References


Suparlan. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sugiyono, (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Ariskunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mondy, Wayne, R., & Martocchio, J, Joseph,(2016). Human Resource Management - Fourteenth Edition - Global Edition, England, Pearson Education Limited.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.4961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zahrotun Nisak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.