Implementasi Budaya Religius Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa DI MAPM Cukir Jombang

Laily Lutfiah, Asep Kurniawan

Abstract


Abstrak. Penelitian ini membahas terkait Implementasi Budaya Religius dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang. Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk mengembangkan kemampuan pembawaan, baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada didalam masyarakat dan kebudayaan. Adanya budaya menjadi sarana pembentukan perilaku siswa yang sesuai dengan nilai yang diterapkan untuk melihat perkembangan siswa atau perilaku disiplin pada siswa. Maka dari itu, pada pembahasan ini peneliti akan membahas Implementasi Budaya Religius dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi budaya religius di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang, untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang, dan untuk mengetahui implementasi budaya religius dalam peningkatan kedisiplinan siswa di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui suatu hal secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi budaya religius di MA Perguruan Mu’allimat sudah berjalan dan terlaksana dengan baik mulai dari kegiatan harian dan mingguan. Peningkatan kedisiplinan di MA Perguruan Mu’allimat melalui beberapa faktor, yaitu penerapan peraturan dan tata tertib di Madrasah, adanya budaya religius, dan kegiatan ekstrakulikuler. Dan dengan di Implementasikan Budaya Religius di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang selain mendekatkan diri kepada Allah juga menjadi faktor meningkatnya kedisiplinan siswi.

Keywords


Implementasi; Budaya Religius dan Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Basri, H. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. jakarta: PT Bumi Aksara.

Sahlan, A. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. malang: UIN maliki press.

Sahlan, A. (2012). Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam. malang: UIN maliki press.

Sumara, Dadan, & Dkk. (2017). Kenakalan Remaja dan Penganannya. Jurnal Penelitian Dan PPM, 04(02).

Supriyanto. (2018). Strategi Menciptakan Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Tawadhu, 02(01), 470.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.4963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Laily Lutfiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.