PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SISWA KELAS IV SDI BERTINGKAT OEBOBO 2 KOTA KUPANG
Naomi Edy
Abstract
Prestasi belajar pendidikan Agama Kristen di SDI Bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang Kupang, masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena kurang variatif dalam penggunaan metode yang diberikan kepada siswa. Guru masih banyak menggunakan metode ceramah dari pada penggunaan metode yang lain. Faktor lain kurangnya guru dalam menggunakan sarana dan alat peraga yang telah ada di sekolah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan metode role playing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pendidikan Agama kristen (PAK) pada siswa kelas IV SDI Bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: mengetahui peningkatan prestasi belajar PAK pada siswa IV SDI Bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang setelah diterapkannya pembelajaran model Role playing Penelitian tindakan kelas ini didesain selama dua siklus dengan materi utama yang disajikan adalah Kuasa Allah dalam penyembuhan melalui Yesus. Penelitian dilakukan di SDI Bertingkat oebobo 2 Kota Kupang pada siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik tes, observasi dan catatan selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar yang dialami oleh siswa yaitu pada pra peneitian sebesar 68,04% dengan tingkat ketuntasan 44%, meningkat pada akhir siklus I menjadi 76,8 dengan prosentase ketuntasan 76%, dan kemudian meningkat lagi menjadi 81,4 dengan ketuntasan 100% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian metode role playing bisa dijadikan sebagai metode yang dapat diterapkan pada mata pelajaran PAK materi pokok Kuasa Allah dalam penyembuhan melalui Yesus dan mata pelajaran lainnya yang relevan.
References
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud, 1994. Petunjuk pelaksanaan belajar mengajar kurikulum. Jakarta
Purwitasari, 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Role playing Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keantusiasan, Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Banjarsari Pacitan. (online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TEP/article/view/1191, diakses tanggal 28 Sepember 2014).
Roestiyah N. K, 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Saputra, 2015. Penerapan Metode Role playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten . Jurnal mahasiswa UNY tersedia Pada http://journal. student.uny.ac.id/ jurnal/artikel/13192/99/1359, diakses tanggal 16 September 2014.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
UU No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003
DOI:
http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala

JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn: 2656-6745) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Alamat: Jl. Lingkar Selatan, Perum Elit kota Mataram Asri Blok O. No. 35, Jempong Baru, Sekarbela, Kota Mataram NTB. Indonesia