IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MA NW NURUL IHSAN TILAWAH

Ahmad Muslim, Baiq Rohyatun, Muhammad Iqbal

Abstract


Kurikulum 2013 berbasis pada penguatan penalaran diharapkan mampu menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan. Alasan perubahan kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya: tantangan masa depan, fenomena negatif yang mengemuka, dan persepsi masyarakat. Kurikulum 2013 ini adalah kurikulum terbaru yang implementasinya baru dimulai di lapangan mulai tahun 2013 dan masih dalam tahap pelaksanaan. Karena kurikulum ini masih sangat baru, maka diperlukan strategi yang efektif dan efisien dalam imlementasinya. MA NW Nurul Ihsan  merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan program Kurikulum 2013. Berdasarkan alasan tersebut, dalam penelitian ini lebih menitikberatkan dalam mengkaji tentang Strategi Implementasi Kurikulum 2013 di MA NW Nurul Ihsan Tilawah. Setelah melaksanakan penelitian ini, luaran penelitian diharapkan akan menghasilkan beberapa manfaat yaitu informasi tentang strategi implementasi kurikulum 2013 yang mencakup: strategi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dimana peneliti akan melakukan observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara, adapun metode analisis data kualitatif melalui tiga aktivitas, yaitu (1) reduksi data (data reduction), (2) penyajian data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 masih belum terlaksana dengan baik, yakni pada tahapan perencanaan pembelajaran proses maupun penilaiannya. Guru masih belum memahami secara mendalam terkait arah dan tujuan penerapan dan hasil yang ingin dicapai dalam penerapan kurikulum 2013 di MA NW Nurul Ihsan Tilawah

Full Text:

PDF

References


Arifin, I. 1996. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada Press.

Bryson, John M. 2008. Perencanaan Strategis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2008. “Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum”. Cet. II Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hoy, Wayne K. & Miskel Cecil G. 2014. Educational Administration. New York: McGraw- Hill Company (Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Belajar).

Hoy, W. K. & Miskel, C. G. 2005. Educational Administration. New York: McGraw-Hill Company.

Isa, Ansori. 2015. Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 07 Batang.Artikel. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kemendikbud.2013. Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Badan Pengembangan dan Penelitian.

Mantja, W. 2008.Etnografi: Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang: Elang Mas.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992.Analisis Data Kualitatif.Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI-Press.

Nawawi, Hadari. 2000. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Robbins Stephen P. & Judge Timothy A. 2015.Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. CV. Bandung: CV. Alfabeta.

Surasa, Nisa Nuraini. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi (Studi Kasus di Sma Negeri 2 Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v3i3.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.