Dampak Terapi Naratif pada Persepsi Realitas dalam Konseling: Analisis Kualitatif

Novelia Christine Tinentang, Widia Manisa Silaen, Chalsa Maryam Lumuhu, Kasih Injilia Kindangen, Okriani Kubika, Angelica Aquila Pinangkaan, Krisnover Temponbuka, Rinna Yunita Kasenda, Mario Erick Wantah

Abstract


Terapi naratif adalah suatu pendekatan konseling yang dilakukan dalam bentuk individu ataupun kelompok dengan mengajak klien agar mau terbuka mengungkapkan pengalamannya dengan bercerita terkait masalah yang dihadapinya. Di dalam konseling, terdapat beberapa langkah yang digunakan dengan terapi naratif. Pertama, mengeksternalisasi masalah. Hal ini dilakukan dengan terlebih dahulu meminta klien mengemukakan nama yang bermakna untuk masalah tersebut. Kedua, menghancurkan narasi lama yang dipenuhi masalah dan menggantinya dengan narasi alternatif yang memiliki fokus berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dampak terapi naratif pada persepsi realitas dalam konseling. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak terapi naratif pada persepsi realitas dalam konseling sangatlah signifikan. Melalui terapi naratif, klien dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang diri mereka sendiri dan tentang cara mereka memandang dunia di sekitar mereka. Dalam keseluruhan, terapi naratif memiliki potensi besar untuk membantu klien memperbaiki persepsi mereka tentang realitas dan membuka diri pada kemungkinan yang lebih luas.


Keywords


terapi; naratif; konseling

Full Text:

PDF

References


Ardana, N., & Purwoko, B. (2018). STUDI KEPUSTAKAAN PENERAPAN KONSELING NARATIF DALAM LINGKUP PENDIDIKAN [Doctoral Disertation].

Drianus, O., & Nuraisah, S. (2020). TRANSFORMASI DIRI MELALUI NARASI: KAJIAN KEPUSTAKAAN ATAS TEKNIK KONSELING BIBLIOTERAPI. PSYCHOSOPHIA, 2(1).

Elfira, Y., Suhaili, N., Marjohan, Ifdil, & Afdal. (2022). Implikasi narrative therapy berbasis nilai-nilai bundo kanduang untuk meningkatkan kepuasan pernikahan pasangan usia dini. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 63-70.

Gumilang, G. (2016). METODE PENELITIAN KUALITATIF DALAM BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144-159.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Rahmawati, H. S., Purwanto, E., & Mulawarman, M. (2020). IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR KONSELING GURU BK SMK KOTA SEMARANG. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(1), 13-18.

Tyas, P. H. (2015). PENDEKATAN NARATIF DALAM KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGELOLA EMOSI. Jurnal Fous Konseling, 1(2), 101-117.

Wolter, J., Dillollo, A., & Apel, K. (2006). A Narrative Therapy Approach to Counseling: A Model for Working With Adolescents and Adults With Language-Literacy Deficits.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novelia Christine Tinentang, Widia Manisa Silaen, Chalsa Maryam Lumuhu, Kasih Injilia Kindangen, Okriani Kubika, Angelica Aquila Pinangkaan, Krisnover Temponbuka, Rinna Yunita Kasenda, Mario Erick Wantah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.