Peran Uji Realitas Dalam Konseling: Sebuah Studi Kualitatif

Angel Patricia Fandela Saragih, Aldina Ntahu, Angriani Adilang, Mayglory Oinori Evrata Turang, Mutiara Havita mamonto, Ecachristi Melisa Pandey, Rinna Yunita Kasenda, Mario Erick Wantah

Abstract


Anak-anak broken home biasanya mengacu pada anak-anak yang berasal dari keluarga yang telah mengalami banyak gangguan atau kehancuran keluarga, seperti perceraian, perpisahan, penahanan orang tua, atau kematian orang tua. Melihat dampak berbahaya yang ditimbulkan, konseling dan dukungan psikologis dapat membantu anak-anak untuk mengatasi dampak negatif dari situasi tersebut dan membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang sehat dan positif. Konseling dapat membantu anak-anak broken home dalam mengatasi masalah mereka dan mengembangkan keterampilan serta sumber daya yang dibutuhkan untuk menghadapi masa depan dengan lebih baik. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pemberian konseling realitas pada beberapa siswa broken home di SMP Kristen Tomohon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan yang dilakukan dengan cara kualitatif dengan teknik analisis data interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemberian konseling tersebut cukup memberikan hasil yang baik kepada masing-masing individu. Hal ini terlihat pada perubahan dan perkembangan dari para siswa setelah diberikan konseling realita.

Keywords


broken home; konseling; realitas

Full Text:

PDF

References


Batchelor, I. R. C., & Napier, M. B. (1953). Broken homes and attempted suicide. Brit. J. Delinq., 4, 99.

Corey, G. (2012). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Cengage learning.

Indrawati, T., & Dewi, L. (2022). The psychosocial growth of preschool-age children from broken home families. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 204- 216.

IRIASTUTI, M. E. (2022). KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA BROKEN HOME. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 55-63.

Khofifah, S. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok Realita Terhadap Resiliensi Siswa Dari Keluarga Broken Home Pada Siswa Kelas XI SMA Institut Indonesia Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2321-2128.

Russell, I. L. (1957). Behavior problems of children from broken and intact homes. The Journal of Educational Sociology, 31(2), 124-129.

Setyaningsih, T. S. (2011). Pendekatan konseling realita dalam mengubah konsep diri negatif siswa broken home. Skripsi. Semarang: Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Angel Patricia Fandela Saragih, Aldina Ntahu, Angriani Adilang, Mayglory Oinori Evrata Turang, Mutiara Havita mamonto, Ecachristi Melisa Pandey, Rinna Yunita Kasenda, Mario Erick Wantah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.