Pembelajaran Bahasa Arab Aktif Learning di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Kartasura

Amriah Nurul Khasanah, Hafidah Hafidah, Muhammad Nanang Qosim

Abstract


Berdasarkan observasi di lingkungan Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam di daerah Gerjen, Pucangan Kartasura Sukoharjo. Lokasi terletak di sebelah selatan UIN Raden Mas Said Surakarta. Banyak mahasiswa UIN yang belajar di pesantren tersebut serta tinggal ditempat tersebut dengan berperan ganda sebagai mahasiswa sekaligus santri yang sedang menuntut ilmu. Pembelajaran active learning di pesantren mahasiswa dengan model sorogan kitab yakni para santri atau mahasiswa, menyodorkan kitab sesuai mata pelajaran yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab kuning yakni sebagai salah satu ciri metode klasik di pesantren. Pembelajaran bahasa Arab dengan membaca kitab fikih sesuai standar kelas masing-masing dan dimaknai dengan bahasa Jawa. Penelitian ini membuktikan bahwa pemaknaan bahasa Arab dengan menggunakan bahasa Jawa lebih efektif karena susunan kata dan pemaknaan disebut dalam pemaknaan kitab dengan detail. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan mendeskripsikan bagaiman proses pembelajaran bahasa Arab active learning di pondok pesantren. Berdasarkan penelitian penulis mendapatkan fakta baru penghambat dan pendukung pembelajaran karena perbedaan latar belakang santri yang berbeda beda ada yang sudah belajar bahasa Arab di pesantren sebelumnya ada juga yang belajar bahasa Arab dari awal atau berlatar belakang sekolah umum.

 


Keywords


Kata kunci: Active Learning, Bahasa Arab, Sorogan

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, A. (2019). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Modern Dan Tradisional Kabupaten Jambi. Himmah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1–2), 135–147. https://doi.org/10.47313/jkik.v2i1-2.490

Lathifah, F., Farisi, M. Z. Al, & Indonesia, U. P. (2017). Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Ketrampilan Membaca Teks Bahasa Arab.

Machmudah, Umi dan Wahab Rasyidi, A. (2008). Active Learning Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Malang Press.

Nurul Khasanah, A. (2021). Jejak Pemikiran AL-Sawi Dalam Kisah Nabi Musa Surat Al-Qasas (Kajian Hasyiyah Al-Sawi ’Ala Tafsir Al-Jalalain). UIN Raden Mas Said Surakarta.

Patrira, B. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Genius Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X IPA SMA. UIN Raden Intan Lampung.

Sofanudin, A. dkk. (2021). Model Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Kuttab (1st ed.). Arti Bumi Intaran.

https://almujahidin.ponpes.id/panduan-makna-pegon-kitab-kuning/: 09 Juni 2023).

Wawancara santri dan guru pondok pesantren mahasiswa Darussalam Kartasura 11 April 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amriah Nurul Khasanah, Hafidah Hafidah, Muhammad Nanang Qosim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.